Sejarah Kamera Dari Masa Ke Masa. Amazing Banget !


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, kita akan mempelajari sejarah mengenai kamera. 
Kamera adalah alat yang sangat dibutuhkan, apalagi disaat liburan. menyenangkan sekali saat bisa mengabadikan moment yang indah. 
Tetapi harus dicatat, gak semua momen yang indah, itu di abadikan. 
Apalagi untuk wanita muslimah, tak pantas kita posting indahnya kita. 
Saking indahnya, yang benar-benar, kita ini wanita muslimah, malu, karena tau adab.. 

Adab tertinggikan sama yang Di Atas, itulah yang namanya belajar. Paham, jalanin. 
Pasti akan ada yang ngingetin. Pasti, cuma kitanya aja yang gak peka. Yang paling susah, pake perbuatan, karena sedikit orang peka, kenapa orang berbuat demikian. 

Dan untuk memberi taukan apa yang benar, gak harus melakukan hal yang sama bukan ?. 
Yang jamin kita enggak ketagihan siapa ? Eh, kita. 

Anda yang wanita muslimah itu. 
Semoga, dicoba dulu, perlahan-lahan. Kan Coba Dulu, Baru Tau Rasanya Kita ;D
Kita berteman dengan orang yang doyan ngerokok, apa kita harus merokok dulu, biar kita tau cara bilanginnya ? 
Engga. Kekuatan ilmu dan amal tentang pokok-pokok. Kalau Bingung Belajar Lagi Yuk.
( ini masalah umum-umum, hal umum-umum bagi orang sudah paham, tentu beda dengan orang yang kurang paham. Sabar, makanya kita belajar Ehehehe :D ) 

Sabar.

Kembali pada topik pembahasan utamanya. 

1. Kamera Obscura



Luar biasa sobat. Kamera pertama kali dicetuskan oleh sarjana muslim sekitar 1.000 tahun silam. Oleh penemu muslim Al-Haitam, atau lebih tepatnya Ibnu Al-Haitham. 
Beliau terkenal dengan kamera, karena gagasannya yang dituangkan kedalam Buku Optik 
(Kitab Al-Manazir). Lalu dengan gagasan-gagasan itulah, dirancang sebuah kamera, seperti Al-Bayt Al-Muzlim atau dikenal dengan sebutan kamera obscura, berarti kamar gelap

Sayang, iya sayang. 
Orang barat yang mempelajari bukunya. Dengan rajin membacalah dan menerapkan itulah, justru orang barat, Joseph Kepler (1571-1630 M). Kepler meningkatkan fungsi kamera itu dengan menggunakan lensa negatif, dibelakang lensa positif. 
Foto permanen pertama diambil oleh Joseph Nicephore Niepce di Prancis pada 1827

2. Daguerreotypes dan Calotypes


Gambar diatas, adalah hasil perbedaan daripada kamera ciptaan dari Louis Daguerre dan Joseph Nicephore Niepce menemukan metode fotografi yang sangat praktis, tahun 1836, dengan kamera ciptaan Henry Fox Talbot, yang menyempurnakan proses yang berbeda, calotype, pada tahun 1840. 
Kedua kamera yang digunakan sedikit berbeda dari model yang digunakan oleh Zahn, dengan piring yang peka didepan layar monitor untuk merekam gambar

3. Dry Plates



Bahasa lainnya, pelat kering collodotion telah ada sejak 1855, dari karya Desire van Monchoven, hingga sampai ada penemuan baru dari pelat kering gelatin pada tahun 1871 oleh Richard Leach Maddox. Hmm, agak susah ya nyebut, beberapa dari kita, akan nyebut Maddog. 

4. Kodak Bukan Kodok



George Eastman, bukan George The Jungle, adalah manusia pertama yang mempelopori film fotografi. Proyek fillm ini, dimulai dari kertas film manufaktur. 
Muncul pada tahun 1885, sebelum beralih wujud menjadi seluloid pada tahun 1889. 
Dan kamera, pertamanya, yang ia sebut dengan "Kodak," pertama kali dimunculkan pada tahun 1888. Itu adalah kotak kamera yang sangat sederhana dengan lensa fixed-focus dan kecepatan rana tunggal, dengan harga yang relatif rendah

5. Compact Camera dan Canon



Adalah Oskar Barnack, seseorang yang bertanggung jawab atas kejadian didalam penelitian dan pengembangan di Leitz, memutuskan untuk menyelidiki dengan alat sederhana menggunakan 35 mm film cine. Untuk kamera dalam percobaanya, membangun sebuah kamera compact yang mampu membuat pembesaran berkualitas tinggi.

6. TLRs, SLRs, dan Nikon 



Bila kita mengenal Oskar Barnack, sebagai penemu yang bertanggung jawab atas kejadian didalam penelitian dan pengembangan Compact, maka pada TLRs, SLRs, dan Nikon, kita akan mengenal sosok Franke & Heidecke Rolleiflex media dengan nama TLR tahun 1928. Ya, secara single twin-lens reflex kamera ini tersedia selama beberapa dekade, dengan kepopuleran yang cukup lama

7. Kamera Analog



Taukah anda, perjalanan kamera analog, dimulai dari produk Sony, bernama Sony Mavica. Sebuah kamera analog, yang mencatat sinyal pixel terus menerus, sebagai mesin rekaman video. Perjalanan, kamera analog berikutnya ditahun 1986, adalah Canon RC-701. 
Canon pertama kali menjadi kamera untuk memotret Olimpiade 1984, mencetak foto dari Yomiuri Shinbun, dalam surat kabar Jepang. 

8. DSLR Serta Kamera Ponsel



Kamera ini paling tren saat ini, adalah untuk merek Nikon dan Canon. 
Dengan kamera ini, banyak anak-anak alay, yang berfoto ria, tanpa tau .. ya gitulah, terkadang cuma foto tutup kamera aja :v. Susah-suah beli kamera, eh yang di foto tutupnya

Post a Comment

1 Comments

  1. Keren banget sob, website nya bagus dan informasinya top. Sukses terus buat lautan it.

    ReplyDelete