Sejarah Mesin TIK Yang Melegenda


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, kita akan membahas barang antik yang dulu pernah meraih masa keemasannya.
Ya, mesin TIK, mesin yang sering kali kita mainkan dikala ayah dulu saat bekerja. 
Masa-masa indah saat dimarahi, karena dokumen kerja ayah jadi salah amburadul, 
telah hilang digantikan oleh mesin yang lebih canggih lagi, Laptop. Meskipun demikian, ada banyak fakta sejarah yang bisa kita kuak dari mesin yang banyak diburu kolektor ini.  Joom, kita bahas..

Mesin ketik, atau identik disebut dengan mesin TIK, adalah sekumpulan dari set tombol yang diatur sedemikian rupa, sehingga apabila ditekan, akan mengakibatkan tercetaknya huruf pada dokumen. Mesin ini sangat populer pada abad 20, dari tahun 1870. Wowow, sangat-sangat tua bukan ? Pantas saja, barang ini banyak diburu oleh kolektor barang antik berkat nilai sejarahnya. 

Terdapat nama-nama beken dimasa lalu dari penciptaan awal mula mesin TIK ini, sebut saja, Henry Mill, yang memperoleh hak paten pertama kali atas mesin yang menyerupai mesin TIK, tahun 1714. 
Seolah mencoba untuk melengkapi, pada tahun yang sama, Pellegrino Turri menemukan kertas karbon. 
Nah, barulah pada tahun 1829, William Justin Burt, menemukan sebuah mesin yang disebut dengan "typowriter". Namun sayang beribu kali sayang, mesin TIK buatannya, mengalami kegagalan hingga tak layak dikomersilkan. Dikarenakan, mesin TIK yang dibuatnya bekerja secara putaran, "index typewriter" bukan "keyboard typewriter"

Perjalanan mesin TIK ini, acap kali mengalami problematika sengit mengenai masalah hak paten. Diberbagai negara seperti Eropa dan Amerika, berpacu untuk mendapatkan mesin TIK yang ideal untuk dikomersilkan. 
Di Wilayah Brazil, ada seorang pendeta yang bernama Father Francisco Joao de Azevedo, yang diklaim sebagai penemu mesin TIK yang sejati. Sedangkan diwilayah Eropa, terdapat nama Peter Mitterhorfer, seorang tukang kayu dari Austria, berhasil mengembangkan mesin TIK yang berfungsi secara penuh, tahun 1867. 

Ya, bila dirunut kembali dari sejarah lengkapnya, anda akan menemukan banyak penemu dalam mesin TIK. Mesin TIK sendiri, ibarat sebuah mesin yang dari awal perkembanganya, selalu serba kekurangan. Tahun 1941, IBM mendeklarasikan penemuan "Electronical Model 04", yang menonjolkan pada konsep revolusioner proportional spacing. Ya, sepertinya anda mengetahui, bahwa mesin TIK, juga memiliki ISO (International Standard Organization), dari yang awalnya (bentuk huruf keyboard) acakan menjadi satu kesatuan padu, yakni Qwerty

Berikut adalah foto-foto mesin TIK dari tahun ke tahun

Royal Portable 1930
Royal Signet 1932-33 
Monarch Remington 1940an 

Smith Corona 1959
Olympia 1959
Hansen Writing Ball 1865
Valentine 1960-an
Olivetti Studio 45
Ya, meskipun kini, telah banyak ditinggalkan tetapi mesin TIK tetap mendapatkan tempat dihati para penggemarnya. Hanya Lautan saja yang tidak ada dihati kamu..iya kamu ;v
Aktor, sutradara, produser, dan penulis terkenal, Tom Hanks, tidak malu mengakui dirinya sebagai pecinta mesin TIK. Bahkan tak jarang, Tom Hanks, membuat draft naskah film dari mesin yang punya ketukan khas tersebut.
Maksud saya yang benar-benar kasar, meski itu berantakan, tapi saya nyaman dengannya," dari sumber CNNindonesia.
Meskipun tidak semua pekerjaannya mesin TIK, Tom sangat-sangat mengakui, mesin TIK itu jauh lebih asik ketimbang laptop. 
Ada kesenangan fisik saat mengetik, rasanya saat otot di jari-jari mengontrol volumen dan echo yang terdengar di ruangan dengan ketukan staccato", ujarnya dari sumber yang sama
Berkat kecintaannya yang begitu mendalam kepada mesin TIK, Tom menelurkan sebuah aplikasi bernama mesin tik Hanx Writer untuk pengguna iPad. 

Catch Me If You Can, Bersama Leonardo Di Caprio, jadi salah satu Film Terkenal Tom Hanks
Aplikasi ini akan menyediakan bunyi yang khas dari mesin TIK. 

Post a Comment

0 Comments