Pengertian Kernel Dalam Sistem Operasi


Halo Sobat Lautan, semoga sukses selalu ya. 
Kali ini, kita akan belajar didalam pelajaran sistem operasi tentang bagaimana cara sistem kernel bekerja. Timbul sebuah pertanyaan sederhana, apa sih itu Kernel. ?

Kernel adalah perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah software, yang dapat bertugas untuk memberikan pelayanan kepada software aplikasi untuk akses hardware. Di dalam tugas utama, selain memberikan pelayanan kepada software, terdapat setidaknya 4 fungsi dari Kernel itu sendiri. 

  1. Melayani software aplikasi untuk akses hardware secara aman. 
  2. Memiliki kemampuan untuk multiplexing. Multiplexing adalah suatu kemampuan untuk mengatur kapan dan serta berapa lama suatu program dapat dijalankan. 
  3. Mendukung fitur abstrak daripada perangkat keras. 
Kernel, sebagaimana kita telah mengetahui, bahwa kernel adalah bagian utama dari sebuah software, juga memiliki beberapa klarifisasi tersendiri. 
Ya, terdapat 3 atau 4, klarifisasi dalam  kernel. 
  • Kernel Monolitik, yakni kernel yang memberikan pelayanan pada lapisan abstrak dari perangkat keras secara menyeluruh.
  • Kernel Microkernel, adalah kernel yang menyediakan sekumpulan kecil dari abstrak suatu perangkat keras. 
  • Kernel Hybird, adalah bentuk dari modifikasi jenis kernel sebelumnya. Hanya saja, perbedaanya terletak pada kode yang dimasukan didalam ruangan kernel. Bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan performanya. 
  • Kernel Exokernel, adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali dari abstrak perangkat keras. Berbeda dengan sebelumnnya, yang mengunakan kode tertentu, kernel Exokernel, menyediakan sekumpulan library untuk akses ke perangkat keras. 

Post a Comment

0 Comments