Apa Itu Rancangan Perangkat Lunak - Selengkapnya Disini


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, kita akan membahas tentang rancangan perangkat lunak, atau yang akrab dengan singkatan RPL, dari sisi pengertian, manfaat, dan contoh contohnya. 

So tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita simak bareng penjelasannya ya.

Pengertian RPL 

Secara garis besar, rancangan perangkat lunak terdiri 6 tahap. Tahap yang pertama adalah perencanaan, dan analisis kebutuhan, desain, implementasi, percobaan dan perawatan. Kita bisa melanjutkan kearah yang lebih lagi, yakni menuju proses pengembangan. 

Berikut ini adalah gambar dokumentasi daripada pengertian RPL



Tahap pertama, yakni perencanaan, memiliki 3 aspek tertentu yang meliputi Software Development Plan, Project Planning, dan Gantt Chart. Timbul sebuah pertanyaan, apakah yang di maksud dengan 3 aspek tersebut 

1. Software Development Plan, adalah proses pembangunan dari menggunakan perangkat lunak. 
2. Project Planning, adalah proses pembangunan yang lebih lanjut dan di bukukan dalama dokumentasi proyek
3. Gantt Chart, adalah data-data atau alat yang digunakan untuk projek perencanaan

Tahap kedua, yakni analisis kebutuhan. Sama halnya ketika anda belajar membuat prototipe, pada awalnya pasti akan melakukan analisis kebutuhan untuk sistem yang akan di rancang. Dibutuhkan analisis data yang begitu spesifik dan mendetail, agar sistem yang di rancang tidak memuat fitur yang terbengkalai

Tahap ketiga, yakni desain. Pengetahuan mengenai database, sangat bermanfaat dalam tahap ini. Didalamnya memuat Er Diagram, UML Diagrams, dan CAD Drawings. 

Setelah bentuk dari sistem mulai ketauan, di lanjut pada tahap berikutnya, yakni implementasi. Sebenarnya, tahap ini hampir mirip dengan testing. Apabila didalam proses testing mengalami kegagalan, sistem akan otomatis beralih pada tahap perawatan, atau maintenance. Apa bila proses berhasil, maka akan di lanjutkan pada tahap pengembangan. 

Manfaat RPL 

1. Membantu para developer untuk menciptakan sistem yang berguna untuk user
2. Peningkatan pada sistem yang telah di rancang sebelumnya 
3. Nilai user freindly yang kentara
4. Dapat di integrasikan dengan peralatan mekanik yang ada.
5. Memudahkan proses perawatan

Contoh RPL 

1. Ubiquitos Computing, dirancang oleh Mark Weiser tahun 1998, di Laboratorium Komputer Xerox PARC. 

2. Open Source

3. Cloud Computing 

4. Dropbox

5. Google Engine

Post a Comment

0 Comments