7 Programmer Hebat Yang Mampu Mengubah Dunia Teknologi


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya
Kali ini, lautan akan membahas tentang 7 programmer hebat yang karyanya, mampu mengubah dunia. Tanpa perlu basa basi lagi, ini dia listnya, cekidot !!. 


1. Dennis Ritchie, Sang Penemu Bahasa C

Denis MacAlistair Ritchie, atau yang akrab disapa dengan Denis Ritchie, pria yang lahir pada tahun 1941, adalah penemu bahasa C. Ia adalah seorang ilmuwan yang dikenal dengan sumbangsihnya membuat bahasa C dan berbagai sistem opersi seperti Multics dan Unix


Dalam perjalanan karirnya didunia teknologi, ia mendapatkan begitu banyak penghargaan, termasuk pada tahun 1981, ia menerima Turing Award. Tahun 1999, ia juga mendapatkan penghargaan dari presiden Amerika Serikat, yakni National Medal of Technology 1988.

2. James Gosling, Programmer Yang Doyan Ngopi

Lahir pada tahun 1955, beliau dikenal sebagai Bapak Pemrograman Java. James kecil, dikenal sebagai anak yang cerdas, dan hobi mempelajari elektronika. Saat usia 12 tahun, orang tuanya mendapati dirinya berhasil menciptakan permainan tic tac toe, dengan memanfaatkan komponen suku cadang telepon dan televisi. Sayang, hasil pekerjaannya tak pernah diproduksi.


Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai James dan Java disini

3. Tim Berners Lee, Direktur World Wide Web Consortium 

Pria berkebangsaan Britania ini, adalah alumni dari Universitas Queen dan Oxford University, beliau dikenal atas penemuannya terhadap World Wide Web. 
Tahun 1980, ketika masih menjadi kontraktor bebas di CERN, Tim mengajukan sebuah proyek berkonsep hypertext untuk sistem yang ia beri nama dengan Enquire.


Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. 
Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia telah mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama World Wide Web dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

4. Linus Torvalds Si Kreator Linux

Rekayasawan asal Finlandia, menjadi buah bibir dunia, setelah berhasil mengembangkan sistem operasi ternama,dengan sebutan Linux. Linux adalah salah satu sistem operasi terkemuka, bersamaan dengan Windows dan MacOS. 
Salah satu kelebihan Linux, bila dibanding dua sistem operasi Windows dan MacOS, adalah masalah legalitas. Ya, Linux datang dengan gratis. Tak ada masalah, bagi siapapun yang hendak mengembangkan dan mendistribusikan hasil kembangannya


Anda dapat membaca informasi lebih lengkap mengenai Linux disini

5. Bill Gates, Manusia Terkaya di Dunia Nomor 2

Sebelum disingkirkan oleh Jeff Bezos, pendiri Amazon, Bill Gates, sempat menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, untuk beberapa kali periode. 
Meskipun tidak lagi menempati posisi pertama, hasil karya Bill Gates, masih sangat-sangat layak untuk perhitungkan sebagai teknologi yang mempengaruhi dunia. 
Selain dikenal sebagai sebagai programmer, beliau juga adalah pendiri perusahaan ternama bernama Microsoft. 


Pria inilah yang juga mempelopori perkembangan sistem operasi bernama Windows

6. Bjarne Stroustrup, Inovator Bahasa C++

Programmer asal Denmark, layak di berikan apresiasi sebagai pengembang sukses bahasa C, yang diciptakan oleh Dennis Ritchie. Hasil karyanya tersebut ia beri nama C++.


Stroustrup meraih pendidikan master di bidang matematika dan ilmu komputer pada tahun 1975 dari Universitas Aarhus, Denmark, dan menyelesaikan doktornya di Universitas Cambridge, Inggris pada tahun 1979. 
Ia juga sempat bekerja sebagai kepala departemen riset pemrograman skala-besar di AT&T Lab hingga akhir tahun 2002. 

7. Guido van Rossum, Penjinak Python

Seorang programmer, berkebangsaan Belanda yang terkenal dengan pencipta dan "Benevolent Dictator for Life" dari bahasa pemrograman Python yang artinya dia hanya akan memberikan keputusan akhir jika dibutuhkan. Ia juga berhasil menciptakan Mondrian, sebuah sistem yang fungsinya untuk me-review baris-baris kode. 
 

Van Rossum dilahirkan dan dibesarkan di Belanda, di mana dia mendapatkan gelar Master di jurusan matematika dan ilmu komputer dari Universitas Amsterdam pada tahun 1982. 
Sekarang ia bekerja untuk Google dan Dropbox. 

Semoga menginspirasi ;D.

Post a Comment

0 Comments