Contoh Laporan Prakerin Teknik Komputer Dan Jaringan Di PT. Batam Bintan Telekomunikasi


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, Lautan akan membahas laporan lautan dulu, pas Lautan magang dulu di Batam. Jadi pantengin dengan baik baik ya. 


BAB 1 PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang Prakerin

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga yang bertujuan melatih pendidikan mental, melatih pelatihan profesionalisme, dan serta juga melatih pendidikan komunikasi yang baik. SMK sendiri mempunyai dua kelebihan bila dibandingkan  dengan SMA. 
Pertama,lulusan SMK dapat mengisi peluang kerja lebih besar di banding lulusan SMA. Lulusan SMK sudah teruji dalam menghadapi masalah terkait dengan perusahaan, manajemen waktu, dan juga keahlian komunikasi yang baik.
Kedua,Lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi selama lulusan tersebut memenuhi persyaratan baik nilai maupun program belajar kejuruan. 
Dalam sistem pendidikan SMK, terdapat sebuah program yang telah menjadi rahasia umum,yaitu Prakerin. 
Prakerin adalah suatu sistem pembelajaran yang dilakukan di luar proses Belajar Mengajar,dan pelaksanaannya di lakukan di industri atau intansi yang relevan sesuai bidang kompetensi siswa.Prakerin juga salah satu contoh pengembangan bidang keahlian kompetensi siswa yang lebih mutakhir. 
Dengan Prakerin,seorang siswa di harapkan dapat ber-inovasi luas,mengembangkan kreatifitas berpikir,menambah pengalaman kerja, mengembangkan kemampuan penyesuaian diri dengan situasi perusahaan,sarana pengembangan keahlian untuk menghadapi era globalisasi yang saat ini di penuhi oleh teknologi tingkat tinggi.  Prakerin sendiri di populerkan pada tahun 1994 melalui Pendidikan Sistem Ganda yang sesuai dengan keperluan Dunia Industri,yaitu tenaga kerja yang berkualitas dan berkompeten dalam bidangnya.
Diharapkan siswa yang telah menyelesaikan Prakerin dapat mengisi keperluan Dunia Industri yang menginginkan tenaga kerja yang berkualitas dan ahli di bidangnya,dan juga sesuai dengan tujuan Prakerin semula.

B. Tujuan Prakerin 

1. Membentuk mental siswa-siswi dalam menghadapi dunia kerja yang menuntut pekerja yang professional 
2. Memberikan pengalaman yang berharga untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya
3. Memberikan rasa percaya diri kepada siswa-siswi dalam kemampuan berkomunikasi dalam aktivitas sehari-hari
4. Memberikan gambaran kepada siswa-siswi mengenai dunia kerja
5. Menerapkan materi yang sudah di pelajari di sekolah
6. Memberikan wawasan yang luas mengenai bidang yang didalami siswa-siswi selama di sekolah
7.   Membentuk peserta didik menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, mempunyai etos kerja yang tinggi, berjiwa professional dalam menghadapi dunia kerja yang di penuhi dengan seni dan juga teknologi tingkat tinggi.

C. Manfaat Prakerin

1. Manfaat Untuk Siswa
  • Siswa dapat mengaplikasikan sistem kerja perusahaan yang berstandar internasional kedalam kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat belajar adaptasi lingkungan kerja,sehingga kedepannya siswa tidak lagi canggung dalam menghadapi dunia kerja.
  • Siswa dapat belajar mengenai rasa percaya diri terhadap masalah yang di hadapi di perusahaan,komitmen dalam setiap perkataan,dan juga loyalitas kerja.
2. Manfaat untuk Perusahaan 
  • Perusahaan dapat terbantu mengatasi pekerjaan-pekerjaan yang bersifat umum atau pekerjaan kantor.
  • Perusahaan dapat terbantu dalam mengatasi kerja berat menjadi kerja ringan.
  • Perusahaan mendapatkan tenaga kerja terdidik sesuai dengan bidang keahliannya, dan bisa menjalankan sistem “RECRUITMENT”,apa bila telah menjalani kesepakatan yang berlaku.

BAB 2 TINJAUAN PERUSAHAAN
A. Sejarah Perusahaan
Perusahaan Batam Bintan Telekomunikasi ( BBT ),berdiri sejak tanggal 15 Juni 1996 sesuai berita acara Nomor 179 yang dibuat notaries Drs.Trisasono di Jakarta. Pada awal berdirinya PT BBT, saling bekerja sama dengan beberapa operator telekomunikasi dalam dan luar negri dalam menyediakan jasa layanan dasar telepon.
Setelah tahun 1998,PT BBT memiliki kode area tersendiri, central exchange cabang yang terletak di Jalan Batin Kopak,Utility Area Lagoi dan dijalan Akasia Lot 1, BIEE mulai dijalankan.Sehingga semua pelanggan dari PT BB dapat merasakan jasa telekomunikasi.
PT BBT berkembang dan mulai merambah dunia bisnis yang masih berkaitan dengan telekomunikasi yaitu dalam bidang internet ( ASDL, SDSL , Leased Circuit , HotSpot ) dan juga jasa penyewaan jasa telekomunikasi. 

PT BBT adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi jaringan yang pusat operasinya kantor berada di Pulau Batam,Indonesia,yaitu:


1. Kawasan Industri Batamindo Industrial Park ( BIP ),Muka Kuning di Pulau Batam
2. Kawasan Industri Bintan Inti Industrial Estate ( BIIE ),Pulau Lobam
3. Kawasan Industri Bintan Beach Internasional Resort ( BIIR), Lagoi di Pulau Bintan

Kawasan pembagian wilayah operasi sesuai dengan izin penyelenggaraan jaringan telekomunikasi tetap lokal dari pemerintah. 
Izin operasi PT BBT diterbitkan oleh Menteri PARPOSTEL pada tanggal 17 Juni 1996 dengan suratnya nomor KM.47/HK.501/MPPT-96 sebagai operator telepon fixed wire line di kawasan Batamindo Industrial Park (BIP) di pulau Batam, Bintan Beach International  Resort (BBIR) dan Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) di Pulau .

BBT merupakan perusahaan patungan antara PT Batamindo Investment Cakrawala (BIC),yang dahulu bernama PT Batamindo Investment Corporation dengan PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM). Proporsi kepemilikan adalah 95% BIC dan 5% TELKOM, dari 5.000.000 saham yang diterbitkan. 

Pada Tahun 2002 izin di perbaharui oleh dengan keputusan Menteri Perhubungan No.KP.344,tanggal 13 Desember 2002, tentang Ijin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal.Perbaharuan ini berdasarkan UU No.36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi serta Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 20 dan 21 tahun 2001.

Izin penyelenggaran Jasa Akses Internet ( Internet Service Provider / ISP ),dengan nomor surat 93 tahun 2013,di dapatkan oleh PT BBT pada tanggal 4 Maret 2013,sesuiai dengan keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika tentang kewajiban pengembangan wilayah layanan sebagai berikut :
1. Tahun ke I :Tanjung Pinang
2. Tahun ke 2: Lagoi 
3. Tahun ke 3: Lobam 
4. Tahun ke 4: Batam 

B. Visi Dan Misi Perusahaan 

Berikut adalah visi dan misi PT BBT
  • VISI 
Menjadi operator/penyedia layanan telekomunikasi dan informasi pilihan khususnya di
dalam kawasan industry Batamindo,kawasan industri Lobam dan juga kawasan wisata Lagoi.
  • MISI
Sebagai operator telekomunikasi dan informasi yang terkemuka dalam mendukung daya saing kawasan industri dan wisata yang dedicated.
Dalam usaha menjalankan visi dan misi tersebut,BBT juga menggunakan strategi yaitu:

1. Modernisasi sistem,  jaringan, teknologi dan layanan yang  inovatif.
2. Menggandeng mitra bisnis strategis.
3. Perluasan kerjasama  operasi atau ekspansi pasar.

Strategi ini memiliki/menuju sasaran yang jelas,terpola,dan terstrukur dengan baik.Berikut adalah sasaran dari BBT,yaitu:

1. Mendapatkan keuntungan melalui kepuasan pelanggan dengan penerapan teknologi yang tepat dan mutakhir. 
2. Menjaga kualitas layanan dan tetap fokus pada kawasan Batam dan Bintan sebelum ke kawasan yang lain. 
3. Kreatif dalam inovasi layanan telekomunikasi.

C. Struktur Organisasi Perusahaan



D. Peraturan Perusahaan 

Setiap perusahaan yang besar pasti memiliki peraturannya masing-masing.Dan tujuan dari peraturan itu kurang lebih sama,yaitu membentuk tenaga kerja yang berjiwa disiplin dan juga professional,memiliki loyalitas tinggi terhadap tanggung jawab yang diberikan.

Berikut adalah peraturan-peraturan yang ada di PT BBT:

1. Semua karyawan atau staff harus menggunakan sepatu pada saat jam kerja
2. Semua karyawan atau staff masuk kerja pada pukul 08:00 WIB
3. Semua karyawan atau staff pulang kerja pada pukul 17:00 WIB
4. Waktu istirahat 1 jam yaitu mulai pukul 12:00 s/d 13:00 WIB sekaligus waktu sholat bagi yang beragama islam
5. Bagi yang beragama islam pada pukul 15:30 WIB di perkenankan untuk sholat
6. Semua karyawan di wajibkan memakai baju kemeja dan menggunakan celana panjang
7. Jika ingin masuk ruangan pantry di wajibkan melepaskan alas kaki.
8. Jika sakit,karyawan diharapkan melapor ke atasannya
9. Karyawan di perbolehkan memakai kendaraan milik perusahaan hanya selama jam kerja ( untuk kepentingan perusahaan )

E. Jenis Layanan Internet 

PT BBT menyediakan 3 akses layanan internet yaitu :

1. SDSL ( Symmetric Digital Subscriber Line )
Layanan internet dengan kecepatan simetris antara kecepatan uploadnya dan juga kecepatan downloadnya.Kualitas radio upload dan downloadnya adalah 1:1,di lengkapi dengan bandwith yang tetap,sangat tepat untuk penggunaan kalangan bisnis atau perusahaan yang memerlukan kehadiran Web,VPN,Extranet..Data dapat di kirim ke interenet melalui klien dengan ketersediaan bandwith.

2. ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line )
Layanan akeses internet ini berkecepatan tinggi dan menggunakan teknologi ASDL.Kecepatan akses internet untuk uploadnya mencapai 1 Mbps dan 2 Mbps untuk kecepatan downloadnya.Layanan akses internet ini sangat cocok untuk pelanggan yang lebih banyak menerima data ketimbang mengirimkan data.Kebanyakan pelanggan yang menggunakan jasa layanan akses internet ini adalah pengguna yang telah berlangganan telepon rumah/kantor.

3. BBZON wifi ( Internet Wifi )
BBZON wifi adalah sejenis perangkat berbayar yang menyediakan layanan internet berbasis publik. Layanan yang diberikan bersifat publik dan umum,jadi semua informasi dapat di akses dengan mudah.Menempatkan beberapa accces point di tempat-tempat publik untuk mengjangkau signal yang diberikan dari tower BBT.

BAB 3 MATERI PEMBELAJARAN 
A. Mengenal BBzon Wifi

BBzon Wifi adalah sejenis perangkat berbayar yang menyediakan layanan internet berbasis publik.BBzon Wifi termasuk jenis telekomunikasi wireless.
Jadi semua informasi dapat di akses dengan mudah. Dengan menempatkan beberapa accces point di tempat-tempat publik untuk mengjangkau signal yang diberikan dari tower BBT.BBzon WIFI.
Dalam upaya pemasaran produk Internet Broadband ( Internet dengan kecapatan tinggi ),
BBzon WIFI mempunyai moto yaitu: Secure,Fast and Reliable.

Layanan yang diberikan BBzon WIFI adalah:
· Internet Kecepatan Tinggi
· Tanpa batas quota ( unlimited )
· Proses Installasi mudah
· Harga bulanan yang kompetitif.

Ada dua jenis penginstallan BBzon WIFI yaitu:

1. Fixed Wireless




Yaitu jenis penginstallasian yang paling mudah dan praktis karena tidak memerlukan Fiber Optic. Pelanggan nantinya dapat dengan mudah mengakses layanan Internet Broadband.

2. Fibre to the Home

Yaitu jenis penginstallasian yang memerlukan banyak media transmisi, seperti media Fibre optic (FO), dan juga FD Converter.
Berikut adalah penjelasan dari dua media transmisi diatas:

Fibre Optic

Sebuah teknologi kabel yang terbentuk dari serat-serat halus kaca atau serat-serat plastic,mampu memtransmisikan pesan modulasi ke gelombang cahaya.
Jarak diameter untuk transmisi sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lainya adalah 120 mikrometer dan 50 km jarak jauh transmisi.
Dengan adanya Fiber optic,kita dapat mentransmisikan data tanpa menggunakan repeater

FD Converter

FD Converter adalah sejenis perangkat tambahan yang berguna untuk pentramisian data melalui kabel,tepat media yang menfilter data yang akan di kirim ke penerima.

1. Alat-alat Penginstallan BBzon WIFI

a.Acces Point

Acces point adalah perangkat yang dapat menyambungkan perangkat wireless lain yang saling terhubung dengan jaringan kabel,nirkabel,atau perangkat lainnya.
Jenis Acces point yang sering di gunakan untuk penginstalan BBzon WIFI adalah TP-Link 841.

b.Antena Omni


Adalah jenis antena yang dapat digunakan untuk proses point to multipoint system. Memperluas coverage area hingga beberapa kilometer. 
Kekuatan signal yang di dapat denan antena Omni adalah sekitar 3-5 dB.Di perlukan antenna Omni eksternal yang berkekuatan 15 dB.

c.POE (Power Over Ethernet)


POE (Power Over Ethernet) adalah metode yang memanfaatkan kabel twisted pair (UTP/STP) sebagai media transmisi power (daya).
Manfaat PoE akan sangat terasa ketika kita melakukan pemasangan perangkat wireless outdoor di tower. Dengan adanya PoE, kita tidak perlu melakukan penarikan kabel power dari catu daya ke perangkat router yang ada diatas tower. 

d.Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) di perlukan untuk menghubungkan antara acces point dengan jaringan lokal,meningkatkan kualitas arus listrik dari POE.
Sesuai dengan namanya Unshielded Twisted Pair artinya kabel pasangan yang berpilin / terbelit (Twisted Pair) tanpa pelindung (Unshielded). Lilitan pada kabel UTP berfungsi sebagai eleminasi induksi dan pencegah kebocoran.

e.Konektor RJ45

Penghubung antara komputer di dalam topologi jaringan computer LAN,atau jenis topologi lainnya dan juga penghubung antara kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) dengan Transceiver.

f.Crimping Tool

Berfungsi untuk memotong kabel, pelepas pembungkus kabel, dan penguatan konektor RJ45.

g.LAN Tester

Alat yang digunakan untuk mengetes hasil crimping kabel UTP yang telah di hubungkan dengan konektor RJ.

h.Swicth

Berfungsi sebagai penghubung/konektor,fungsi Swicth sama seperti HUB.Besaran luas jaringan yang di proses dan kecepatan transfer datalah yang menbedakan antara Swicth dengan HUB.

i.Radio


Berfungsi sebagai penangkap signal yang di berikan dari tower BBT.Dengan adany radio, penginstallan BBzon WIFI.
Jenis radio yang sering di gunakan adalah Radio 5210,5110,7510,841,701,8840,500 G.
Perangkat yang digunakan untuk membantu penginstallan BBzon Wifi menjadi lebih mudah dan ringan.

Berikut adalah beberapa contoh perangkat tambahan 
· Gunting- Memotong kabel LAN
· Obeng-Membuka dan mengencangkan sekrup
· Kabel Tis-Menguatkan Radio pada pipa atau tiang
· Klem-Memperkuat pipa ke tembok
· Paku-Merekatkan perangkat ke tembok
· Palu-Untuk memukul paku.

2. Langkah-langkah penginstallan BBzon WIFI

Langkah-langkah penginstallan BBzon WIFI :

  • Persiapan perangkat yang di perlukan untuk penginstallan BBzon Wifi.
  • Mempersiapkan tiang yang di gunakan untuk menempatkan radio,agar radio mendapatkan frekuensi signal dari tower BBT.
  • Melakukan crimping tools kabel UTP jenis straight,di lakukan pengetesan crimping dengan LAN tester.
  • Menghubungkan kabel yang telah di crimping ke port radio yang telah dipasang di tiang.
  • Melakukan setting internet dan ujung kabel straight lainya di hubungkan ke port Tp Link DDWRT 841 ND
  • Gunakan kabel LAN ke laptop dan ujung yang lain di hubungkan ke port Tp Link DDWRT 841 ND untuk melakukan setting.Settingan di lakukan agar radio mendapatkan frekuensi signal yang lebih dari 15 dB dari tower BBT.
  • Melakukan ping ke Google,hingga kecepatan akses internet menjadi stabil
  • Terakhir,lakukan tes browsing internet,social media,dan lain-lain.

B. Mengenal Jaringan Telepon 

Jaringan telepon adalah jenis dari telekomunikasi yang menggunakan kabel atau  sering di sebut dengan nirkabel.Jaringan telepon dapat menjangkau medium padat,baik melalui kabel logam atau serat optik.
Jaringan telepon sangat berbeda dengan jaringan seluler.Perbedaan jaringan telepon dengan jaringan seluler terletak pada medium yang digunakan.
Biaya yang digunakan untuk jaringan telepon lebih murah dan kualitas suara yang dihasilkan lebih baik  ketimbang dengan jaringan seluler.Keamanan jaringan telepon juga lebih terjamin. Telepon yang terhubung dalam sebuah jaringan di sebut telepon rumah.

a)Sentral ( Switching )

Sentral adalah perangkat telekomunikasi yang memiliki banyak fungsi.Tanpa adanya Sentral, layanan telepon tidak akan berjalan dengan sempurna.
Di karenakan Sentral berfungsi untuk memberi, mengontrol, membuka, menutup nomor telepon. Sedangkan pengertian switching adalah elemen terpenting dalam operasi sistem telekomunikasi di PT.Batam Bintan Telekomunikasi.

Spesifikasi pusat :
a. jumlah maksimum adalah 200.000 nomor
b. Model : siemen

b)Distribusi Utama Frame ( MDF )

MDF adalah perangkat utama yang menghubungkan antara rumah kabel dan pusat.Selain itu MDF juga berfungsi sebagai tempat Eqn dan Primer.

Perangkat yang berfungsi memberikan nomor telepon rumah pelanggan secara manual.Eqn di sebut juga dengan Induk Nomor Telepon Rumah.

Perangkat yang di gunakan untuk pelengkap fungsi dari Eqn.Primer berfungsi meneruskan proses pemasangan dari Eqn.Bingkai Utama splitter antara terminasi kabel ke sentral dan kabel telepon kepada pelanggan.Terdapat enam Primer di dalam MDF.

c)Rumah Kabel 

PT BBT mempunyai 4 Rumah Kabel (Kabinet), rumah kabel adalah bagian terpenting dalam sistem jaringan telepon antara pesawat pelanggan dengan sentral yang terpasang di pinggir jalan,menghubungkan kedua kabel ke titik Distribusi,juga menghubungkan kabel primer ke kabel sekunder atau jalan dari MDF untuk DP.Kabel yang menghubungkan kabel lain kerumah DP di sebut kabel sekunder.

d)Titik Distribusi

Tempat yang menghubungkan kabel line untuk pelanggan atau telepon rumah pelanggan.Kapasitas DP umunya terdiri dari 10 sampai 20 pasangan.
Namun beberapa Aplikasi ada yang mencapai kapasitas 49,60 dan 100 pasangan.
Kapasitas 10 sampai 20 kabel twisted di gunakan untuk wilayah pemukiman,sedangkan 49 hingga 100 di gunakan dalam bidang bisnis.

1. Alat-alat Penginstallan Jaringan Telepon 

a.LSA Putih 

Alat ini berfungsi untuk menusuk kabel jumper masuk ke dalam primer dan ADSL.

b.Tusuk Biru 


Alat ini memiliki fungsi untuk menusuk kabel jumper ke daalam EQN

c.Tusuk Hitam 

Alat ini memiliki fungsi untuk menusuk kabel jumper di sekunder yang yang berada di dalam cabinet ( kawat rumah ).

d.Obeng dan Gunting 
e.Uji Telepon Eqn, Primer dan Sekunder
f.Crimping 
g.RJ11
h.Kabel Jumper
i.Kabel Telepon
j. Ohm Meter

2. Langkah-langkah penginstallan Jaringan Telepon

  • Jaringan yang digunakan adalah jaringan dari PT.BBT.
  • Aktitifas pertama kita harus melaporkan kepada pihak BBT untuk membuat nomor di Sentral ( switching ).
  • Gunakan kabel jumper kedalam bentuk Eqn untuk MDF ( frame distribusi utama ) dan dari MDF ( Main Distribution Frame ) untuk Kabinet HW / rumah kabel menggunakan kabel primer bawah tanah.
  • Kemudian membuat kabel jumper dari Primer ke kabel sekunder,dan kabel sekunder akan diteruskan sampai ke DP ( titik distribusi ) lewat kabel bawah tanah.
  • Kemudian dari DP ( titik distribusi ) ke rumah atau bangunan menggunakan kabel telepon untuk menghubungkan kabel ke telepon pelanggan disebut ICB ( Instalasi Kabel Gedung ).
BAB 4 PENUTUP
A.Kesimpulan 

Tiga bulan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di  PT.Batam Bintan Telekomunikasi yang telah di jalani berjalan lancar dan sesuai dengan bidang kejuruan yang di dalami.

Banyak sekali pengalaman yang di dapat oleh penulis,hasil dari penelitian,pengamatan langsung ke lapangan,penjelasan dari pihak perusahaan. 
Setelah menimbang,memikirkan,meneliti ulang,serta memutuskan,penulis dapat menyimpulkan :

1. Jaringan internet broadband BBzon WIFI termasuk kedalam jenis telekomunikasi wireless

2. Jaringan internet broadband BBzon WIFI dapat berjalan dengan baik jika installasinya juga berjalan dengan baik.

3. Peralatan yang diperlukan dalam installasi BBzon WIFI adalah acces point,antena omni,POE,kabel UTP,konektor RJ45,crimping,LAN tester,switch,radio,dan beberapa perangkat tambahan seperti :gunting,obeng,kabel tis,klem,paku,palu

4. Jaringan telepon termasuk kedalam jenis telekomunikasi wireline

5. Jaringan telepon dapat berjalan dengan baik jika installasinya juga berjalan dengan baik.

6. Peralatan yang diperlukan dalam installasi jaringan telepon adalah tusukan alat putih ( LSA PLUS ),tusukan alat biru,tusukan alat hitam,obeng,gunting,uji telepon (Eqn,Primer,Sekunder),crimping,RJ11,kabel jumper,kabel telepon.

B.Saran

Berikut adalah saran dari penulis kepada pembaca :

1. Diperlukan kehati-hatian dalam proses installasi baik itu berupa installasi BBzon Wifi maupun jaringan telepon.

2. Sigap dan tanggap selama proses installasi berlangsung.

3. Jika tidak mengerti akan suatu hal atau pekerjaan berlangsung,bertanyalah langsung kepada pembimbing industri.

Post a Comment

0 Comments