Hindari Nomophobia Agar Hidup Bahagia


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini, kita akan membahas tentang Nomophobia, atau dalam ejaan lain, NO - MOBILE PHONE - PHOBIA. Ya, nomophobia adalah penyakit mental yang membuat pelakunya tidak bisa jauh dari handphonenya. Bahkan, dalam urusan ke kamar mandi pun, masih bisa membawa handphone. Ada yang kaya begini ?

Sebelum membahas lebih lanjut, tentang cara menghindari nomophobia, ada baiknya kita mengetahui apa itu Nomophobia. Seperti yang disebutkan pada kalimat diatas, nomophobia adalah perasaan cemas atau takut ketika pelaku tak bersama handphonenya. 
Dalam kasusnya, nomophobia dapat terjadi bukan hanya pada anak-anak, namun juga remaja hingga dewasa. Biasanya, kecanduan akan handphone, disebabkan oleh dua hal, yakni ketagihan main game, dan juga candu media sosial. 
Tentu kita tau, saat ini, game-game mobile sedang naik daun, sebut saja Mobile Legends, Pubg, Free Fire, dan lain-lain. 
Musim game mobile tersebut diikuti oleh banyaknya anak bahkan dewasa, yang bermain game, sampai larut malam. 
Mereka cenderung menghabiskan waktu berjam-jam didepan layar handphone mereka. Tentu ini bukanlah hal yang baik. BERLEBIHAN adalah kata kuncinya. Mungkin, kita tidak asing lagi dengan pernyataan, "segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik", dan itu memang benar adanya. 
Dari penelitian yang dilakukan di Britania Raya oleh, mengungkapkan bahwa sekitar 58% pria dan 47% wanita pengguna handphone, cenderung tidak nyaman ketika tidak bersama dengan handphone mereka. 

Berikut adalah tiga langkah yang dapat anda lakukan guna menghindari nomophobia.

1. Mengurangi waktu bermain dengan handphone

Ya, anda dapat mencobanya. Bila biasanya anda bermain handphone selama 3 jam, mungkin anda bisa menguranginya menjadi 1 jam saja. Tentu saja ini opsional ya.

2. Memperbanyak sosialiasi dengan orang lain

Dengan begitu, waktu anda bersama akan tersita banyak, Anda dapat berbagi cerita tentang masalah kehidupan bersama dengan teman-teman anda, atau dengan keluarga anda

3. Berolahraga rutin

Taukah kamu, kesehatan mental erat hubungannya dengan kesehatan fisik. Tentu saja, semakin anda berolahraga secara rutin, pikiran kalian akan lebih fresh ketika berhadapan dengan handphone

Post a Comment

0 Comments