Cara Tepat Melindungi Komputer Dari Serangan Hacker


Halo Sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, lautan akan berbagi tips ringan untuk melindungi tindak kejahatan berupa peretasan data, atau hacker. Pada awal mulanya, hacker dimaknai sebagai seseorang yang masuk kedalam jaringan guna mencari kelemahan pada sistem keamanan, untuk segera diperkuat. Namun sejak peristiwa penangkapan kriminal komputer, The 414s, tahun 1983, konotasi hacker berubah menjadi negatif. 

Kelompok 414 tersebut dinyatakan bersalah atas peretasan 60 komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer miliki Laboratorium Nasional Las Alamos. Satu dari 6 pelaku, mendapatkan kebebalan karena testimoninya, sedangkan sisanya mendapatkan hukuman masa percobaan. 

Tentu saja, tindakan tersebut merugikan orang lain. Semua data yang bersifat pribadi dapat digunakan sebagai alat kriminalisasi oleh hacker, untuk kelancaran aksinya. Pastinya, anda tidak mau data pribadi anda menjadi komsumsi publik bukan ?. 

Nah, berikut ini adalah tips ringan untuk menghindari tindak kejahatan dalam dunia jaringan, hacker. Tips ini didapatkan dari Course-net Indonesia. 

1. Update Windows

Ini adalah langkah pertama menghindari komputer dari serangan hacker. 
Dengan adanya pembaruan yang dilakukan, hacker akan sulit memasuki sistem tersebut. Karena update windows, akan merubah settingan default menjadi settingan terbaru. Biasanya hacker bisa melakukan hacking dalam sekejap bila setting atau sistemnya tidak diperbarui. Oleh sebab itu, tidak ada salah melakukan update windows, guna menambah nilai kekuatan dari sistem 

2. Update Software

Sama penting seperti update windows, langkah ini dilakukan guna menutup celah serangan hacker. 

3. Software Anti Virus

Memasukan virus kedalam sistem jaringan, merupakan salah satu metode hacker dalam melakukan penyerarangan. Virus tersebut, kemudian akan merusak data-data yang ada didalam sistem jaringan komputer. Virus sendiri banyak dari kegiatan kita di internet. Untuk itu tidak ada salah menggunakan antivirus terbaru, sebut Avast atau AVG.

4. Software Anti - Spyware

Spyware dan Virus tetap menjadi ancaman yang menakutkan bagi para pengguna. 
Untuk itu gunakan software anti spyware

5. Beralih ke Macintosh 

Macintosh adalah sistem operasi yang kebal akan virus dan spyware. Sama seperti Linux, Macintosh memiliki sistem tersendiri guna memperkuat sistem operasinya

6. Menghindari Web Phising

Apa itu Web Phising ? Anda bisa membacanya disini

7. Firewall

Dengan aktivasi Windows Firewall, anda akan dibantu untuk menjauh dari serangan virus yang dibuat oleh hacker.

8. Email Spam 

Jika anda menerima email yang mencurigakan, maka jangan anda mengkliknya. Anda dapat segera menghapusnya. Nah, untungnya Gmail, layanan email berbasis web, memiliki lapisan perlindungan tambahan yang terintegrasi.

9. Backup Data

Backup data, dilakukan agar anda memiliki cadangan data jika sewaktu data anda terkena serangan hacker, baik virus jahat ataupun malware. 

10. Password Yang Unik

Password yang unik akan mempersulit kinerja hacker yang hendak membobol akun anda. 

Post a Comment

0 Comments