Pengertian Software, Hardware, dan juga Brainware


Halo Sobat lautan, semoga sehat selalu ya. Kali ini, kita akan membahas pengertian daripada Software, Hardware, dan juga Brainware. Software, Hardware dan juga Brainware, adalah tiga komponen yang sangat penting dalam komputer.

Jom, tanpa banyak bertele-tele inilah pembahasannya

1. Pengertian Software

Software, atau yang dalam bahasa indonesia adalah perangkat lunak, berfungsi untuk pemrosesan data dari perintah atau intruksi yang didapatkan. Dengan adanya software ini, membantu anda untuk mengerjakan sesuatu, contohnya, ketika anda menjalankan printer, maka yang diperlukan adalah driver yang mampu mengontrol kerja printer. 
Dalam kasusnya, software dibagi menjadi 4 jenis, yakni Sistem operasi, Program Aplikasi, Utillity, Bahasa Pemrograman.
  • Sistem operasi, adalah komponen yang digunakan untuk mengatur kinerja mesin. Contoh daripada sistem operasi terdapat pada Windows, Linux, Macintosh dan lain-lain. Sistem operasi akan menghubungkan pengguna dengan program aplikasi yang terdapat pada komputer.
  • Program aplikasi, adalah program yang digunakan untuk pekerjaan tertentu. Contoh aplikasi Ms.Word untuk mengelola kata menjadi dokumen penting. 
  • Utillity, sebuah program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Contoh Anti Virus. 
  • Bahasa pemrograman, sebuah intruksi standar yang berfungsi untuk memerintahkan komputer. 

2. Pengertian Hardware

Hardware, atau yang dalam bahasa indonesia adalah perangkat keras, berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware sendiri di klarifikasikan menjadi 3 bagian, yakni, Input Device, Processor, Output Device. 

  • Input device, berfungsi untuk memasukkan data baik itu berupa gambar, teks, video, audio kedalam sistem komputer. Contohnya , seperti Keyboard, mouse, Scanner, dan lain-lain. 
  • Processor, berfungsi mengelola data dari input device. Sering disebut juga sebagai otaknya komputer.
  • Output device, sebuah perangkat yang berguna untuk memperlihat hasil pengelolaan processor dari input device. Contohnya, adalah printer, monitor, speaker

3. Brainware 

Adalah pelaku yang mengeoperasikan mesin komputer, untuk tujuan tertentu. Jika bagian ini tidak ada, maka komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Sama seperti hardware, brainware juga dibagi kedalam 3 bagian, yakni Operator, Programmer, dan Administrator. 
  • Operator adalah orang yang bertugas untuk melayani dan menjalankan sistem pada perangkat komputer.
  • Programmer, adalah orang yang memberikan kode intruksi pada komputer agar bisa dijalankan sesuai dengan kehendak programmer tersebut 
  • Administrator, adalah orang yang bertugas untuk mengatur jalannya suatu sistem operasi ataupun jaringan komputer. 
 Sekian dan terima kasih ;D

Post a Comment

0 Comments