Cara Memperbaiki Keyboard Yang Rusak Dengan Benar


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, lautan akan berbagi tips sederhana untuk kamu-kamu yang sedang mengalami masalah dengan keyboard laptop atau komputer. Ya, bisa di bilang untuk keyboard kamu yang tidak merespon saat telah ditekan berkali-kali. Penyebabnya sih beragam, bisa karena terkena air, atau kotoran padat yang menempel

Cara ini dapat kamu lakukan sebelum kamu membawa laptop atau komputer kamu ke tempat service. Ya, menghemat biaya lah gitu. Tanpa basa basi yang panjang lagi, berikut ini adalah tipsnya, semoga bermanfaat


1. Pengecekkan konektor

Apabila konektor keyboard longgar, tidak terpasang dengan sempurna ataupun, ya sudah bisa dipastikan keyboard tidak akan berfungsi. Oleh sebab itu, periksalah koneksi keyboard terlebih dahulu. Tips ini bisa digunakan untuk kamu pengguna komputer.

2. Pengecekkan driver

Keyboard tidak akan berjalan sempurna apabila driver keyboard belum terinstall dengan sempurna. Atau bisa jadi ada software pihak lain yang terkena virus. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, kamu cukup melihatnya pada bagian device manager. Masuk kedalam device manager dan cari bagian keyboard

Apabila dibagian keyboard tersebut memiliki tanda segitiga kuning, dapat dikatakan driver laptop yang kamu miliki bermasalah atau belum diinstal. 
Mengatasi sih mudah. Kamu cukup download driver yang sesuai dengan tipe dan merk yang sesuai dengan laptop atau komputer yang kamu miliki, kemudian install deh.

3. Restart 

Ini sih cara klasik banget ya. Biasanya sering dilakukan apabila laptop atau komputer yang digunakan mengalami masalah.

4. System restore

Caranya sih cukup mudah, tekan tombol start untuk permulaan lalu cari "Recovery". Lalu klik pada bagian system restore.


Cara ini sering digunakan ketika keyboard error setelah dilakukannya penginstallan sistem operasi. Dengan sistem restore ini, laptop atau komputer akan kembali seperti semula sebelum menginstall beberapa program yang mengalami masalah. 
Oleh sebab itu, rajin-rajinlah untuk mem-back-up data.

5. Bersihkan keyboard

Langkah ini bisa diambil sebagai langkah pencegahan kerusakan pada keyboard. 
Apabila keyboard telah mengalami kerusakan, langkah ini juga bisa diambil sebagai langkah perbaikan. Gunakanlah kain atau vacum cleaner kecil untuk membersihkan debu-debu yang menempel. 
Dengan membersihkan keyboard, maka cara menyelesaikan masalah pada keyboard akan lebih terbuka.

Cukup sekian dan terima kasih ;D.

Post a Comment

0 Comments