Cara Jitu Untuk Memperbaiki Touchpad Yang Tidak Berfungsi


Halo sobat Lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, lautan akan bagi-bagi tips sederhana kepada anda-anda semua, terkait cara untuk memperbaiki touchpad yang tiba-tiba berfungsi. Ya, digunakan sebagai ganti fungsi dari mouse, touch memberikan penggunanya kenyaman. Namun, akan jadi beda ceritanya bila terjadi kerusakan pada touchpad yang dikenakan.

Berikut adalah beberapa sebab dan cara memperbaiki touchpad :

1. Touchpad non aktif

Beberapa laptop menyediakan fitur untuk mematikan touchpad. Biasanya di wakili dalam keyboard dengan tombol khusus yang memiliki icon mirip dengan bentuk touchpad. 
Salah satu laptop yang menyediakan fitur ini adalah Acer Aspire One D255, dengan kombinasi tombol " Fn + F7 ".

Jika tombol tersebut tidak ada, maka kemungkinan lainnya adalah adanya aplikasi yang men-disable. Cobalah periksa di system tray, pojok kanan-bawah layar laptop anda, sebelah kanan jam, apakah ada icon aplikasi yang mencurigakan ?.
Ya, aplikasi seperti Synaptic Touchpad atau sejenisnya memang memiliki fitur untuk (alasan keamanan) men-disabled touchpad

2. Driver touchpad yang belum ter-install

Driver adalah alat yang digunakan untuk mengenalkan suatu hardware sehingga bisa dikenali dengan baik oleh sistem operasi. Beberapa sistem operasi terbaru seperti Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10 sudah dilengkapi dengan built-in-driver, sehingga apabila anda menghubungkan suatu perangkat keras, sistem operasi akan memeriksa apakah terdapat driver yang sesuai pada data tersebut, dan jika ada, maka secara otomatis sistem operasi akan meng-install-kan driver perangkat keras tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk touchpad. Apalagi jika laptop anda dalam keadaan baru diinstall ulang, akan mungkin terjadi ketidaksesuaian sistem dengan hardware yang ada. Sehingga untuk mengatasinya perlu diadakan update driver touchpad

Ya, anda dapat menggunakan CD/DVD driver laptop anda, lalu install driver touchpad. Selain cara itu, ada juga bisa download driver dari website resmi laptop anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi driver scanner seperti Driver Genius guna membantu mengenali merk hardware touchpad yang anda gunakan


3. Kerusakan pada sistem operasi

Hal ini dapat saja terjadi apabila device yang anda gunakan terserang virus sehingga file system menjadi rusak. Langkah paling umum yang mesti diambil adalah melakukan scanning menggunakan antivirus. 
Pilihlah antivirus yang top rated, semisal Avira, AVG, Bitdefender dan lain sebagainya. Jangan gunakan antivirus hasil crack-crack kan. Setelah virus di bersihkan dari perangkat anda, restart dan coba kembali touchpad anda. 
Atau scan registry pada laptop Anda dengan aplikasi utility, layaknya TuneUp Utilities (sekarang AVG PC TuneUp) atau CCleaner. Perbaiki (fix) registry apabila ditemukan kesalahan dalam hasil scan. Restart laptop kemudian coba kembali touchpad Anda apakah telah kembali berfungsi seperti sedia kala.

4. Kerusakan pada hardware touchpad


Hal ini mungkin saja terjadi, seperti adanya komponen yang over heat, sehingga merusak socket pada motherboard atau kabel fleksibel daripada touchpad. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Ya, apabila anda mencoba untuk menggantinya sendiri, maka pastikan anda membeli komponen pengganti yang sesuai dengan hardware anda.

Baca juga : Cara memperbaiki keyboard yang rusak dengan benar

Ya, itulah beberapa sebab dan cara jitu untuk memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi, semoga bermanfaat ;D

Post a Comment

0 Comments