Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Lengkap


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini akan bercerita mengenai sejarang Microsoft. Sebuah perusahaan teknologi terbesar didunia yang didirikan oleh Bill Gates. Orang terkaya nomor 1 dunia, sebelum dikalahkan oleh Jeef Bezos, pendiri Amazon.com

Microsoft adalah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, bersifat multinasional dan berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Perusahaan ini adalah pengembang, pemberi lisensi, terhadap berbagai macam produk dan jasa terkait dengan perangkat komputer. Selain Bill Gates, salah satu pendiri perusahaan ini adalah Paul Allen. Microsoft didirikan pada tanggal 4 April 1975

Baca juga : Sejarah dan perkembangan radio di indonesia dari tahun ke tahun

Microsoft tercatat sebagai perusahaan dengan produknya yang paling banyak digunakan berupa sistem operasi yakni Windows. Microsoft di dirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS DOS-nya pada pertengahan 1980-an, di ikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows.

Majalah populer Electronics pada edisi Januari 1975, melihatkan sebuah mikrokomputer Altair 8800 yang dibuat oleh Micro Instrumentation and Telementry Sytems (MITS). Allen mengetahui bahwa mereka mampu untuk memprogram penerjemah BASIC untuk alat tersebut.

Segera memperoleh panggilan dari Gates yang mengklaim bahwa mereka memiliki penerjemah, MITS kemudian langsung meminta didemonstrasikan. Memiliki pemikiran yang sama, Allen langsung bekerja dengan membuat sebuah simulator untuk Altair, sedangkan Gates berusaha mengembangkan penerjemahnya.
Ketika alat yang mereka buat telah selesai, tinggal saatnya untuk mepresentasikan alat penerjemah tersebut. Hasilnya, penerjemah tersebut berjalan sangat mulus dihadapan MITS.

Pada bulan Maret 1975 di Albuquerque, New Mexico; MITS setuju untuk berkerja sama dengan Gates dan Allen, mereka setuju untuk mendistribusikan dan memasarkan produknya dengan nama Altair BASIC. Sejarah Singkat Sistem Operasi Microsoft, Sejarah berdirinya Microsoft, Sejarah Kemunculan Microsoft, Sejarah Sistem Operasi Microsoft, Sejarah Microsoft, Microsoft dan Sejarahnya.

Pada tanggal 4 April 1975; MITS, Gates dan Allen resmi mendirikan sebuah perusahaan bernama Microsoft dan mengangkat Gates sebagai CEO dari Microsoft. Nama Microsoft sendiri berasal dari usulan Allen yaitu "Micro-soft".
Microsoft mulai memasuki tahap baru yaitu bisnis OS (Operating System) pada tahun 1980 dengan Unix versi Microsoft bernama Xenix. Tetapi, justru MS-DOS yang berhasil memperkuat dominasi perusahaan.

Pada bulan November 1980, IBM dan Microsoft menyetujui kontrak untuk menyediakan sebuah OS versi CP/M, OS ini akan digunakan di deretan komputer pribadi IBM (IBM PC) di masa mendatang.

Pada bulan Agustus 1981, setelah peluncuran IBM PC pertamanya, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Karena berbagai faktor, salah satunya dengan berbagai macamnya pilihan perangkat lunak MS-DOS yang tersedia, Microsoft menjelma sebagai vendor OS terdepan di masanya.

Microsoft Windows muncul sebagai hasil dari pengembangan Operating System baru yang dikerjakan bersama IBM pada tahun 1984, OS baru tersebut diberi nama OS/2. OS/2 merupakan ekstensi grafis untuk MS-DOS.

Baca juga : Sejarah dan perkembangan terbaru PHP

Microsoft bergerak maju dengan memindahkan kantor pusatnya ke Redmond pada tanggal 26 Februari 1986 yang sampai saat ini masih dijadikan markas oleh Microsoft. Dengan ini Microsoft resmi berubah menjadi perusahaan umum, harga saham mengalami kenaikan tajam dan berhasil menciptakan 4 Miliuner dan 12.000 Jutawan dari kalangan karyawan nya sendiri.

Pada tahun 1990, Microsoft mengenalkan produk perangkat lunak terbarunya yang digunakan untuk tujuan perkantoran, perangkat lunak tersebut bernama Microsoft Office. MS Office terdiri dari beberapa fungsi diantaranya Word untuk pengolah kata dan Excel untuk pengolah angka. 22 Mei 1990, Windows 3.0 resmi diluncurkan oleh Microsoft dengan grafis interface user experience dan kemampuan keamanan yang mutakhir untuk prosesor Intel 386. Windows dan Office menjadi dua produk yang langsung mendominasi pasar di masanya.

Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. 
Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.

Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.


Pada tahun 1990-an, para kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan, termasuk penolakan persetujuan dan pengikatan, membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunaknya, dan melakukan taktik pemasaran yang tidak representatif; baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa menyatakan perusahaan ini melanggar hukum antitrust.

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft kembali merilis Windows terbarunya bernama Windows 95. Windows 95 memiliki tampilan interface user experience yang baru, ditambah penggunaan tombol "Start" yang kompatibilitas dengan 32-bit.

13 Januari 2000, Bill Gates yang sebelumya menjabat sebagai CEO dari Microsoft menyerahkan jabatan CEO nya kepada Steve Ballmer. Ballmer sendiri merupakan teman lama Gates di Perguruan Tinggi dan merupakan karyawan perusahaan ini sejak 1980. Gates menyandang jabatan baru sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak.

Di akhir tahun 2000, Microsoft meluncurkan "Xbox" yang meramaikan persaingan konsol permainan yang selama ini didominasi oleh Sony dan Nintendo. Pada tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis windows terbarunya bernama Windows XP.


Tanggal 3 April 2003, Microsoft dijatuhi putusan yang menyebut bahwa perusahaan ini telah melakukan "Monopoli Kasar". Namun, kasus ini berhasil diselesaikan oleh Microsoft dengan Kehakiman AS pada tahun 2004.

Januari tahun 2007, Microsoft kembali merilis generasi Windows terbarunya bernama Windows Vista. Win. Vista memiliki user interface uang baru dengan julukan "Aero", meningkatkan keamanan, dan lebih berfokus pada fitur.

Disaat yang sama, Microsoft juga merilis generasi terbarunya dari MS Office, produk ini bernama Microsoft Office 2007. Yang kemudian sangat laris di pasaran dan menjadi produk kedua dengan perolehan laba terbesar tahun 2007.

Pada tanggal 27 Juni 2008, Bill Gates mundur dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak Microsoft, dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusaaan para projek-projek utama.

22 Oktober 2009, Microsoft resmi meluncurkan generasi Windows terbarunya, bernama Windows 7. Fokus utama dari Windows 7 adalah memperbaiki generasi sebelumnya "Vista" dengan fitur yang lebih mudah digunakan dan pemutakhiran performa.

Pada tahun 2007, seiring meledaknya pasar ponsel cerdas; Microsoft berusaha sejajar dengan para pesaingnya seperti Apple dan Google. Sebagai reaksi dari melonjaknya industri ponsel cerdas, pada tahun 2010 Microsoft merilis Operating System terbarunya bernama Windows Phone.

31 Mei 2012, Microsoft merilis versi pratinjau dari generasi Windows terbarunya, yaitu Windows 8. Fitur yang menjadi fokus utama Microsoft pada Win.8 adalah memenuhi beragam peralatan yang terdiri dari tablet hingga komputer meja.

23 Agustus 2012, Microsot mengumumkan perubahan pada logo lamanya, logo baru dari Microsoft menandakan perpindahan fokus perusahaan dari gaya klasik menjadi antarmuka kotak-kotak Metro yang dipakai untuk Windows Phone, Xbox 360, Windows 8 dan MS Office Suite selanjutnya

Di tahun-tahun berikutnya Microsoft terus melakukan inovasi di berbagai macam produknya, seperti Windows 8.1 yang dirilis sebagai respon buruk pengguna pada Win.8. Microsoft juga merilis generasi terbaru dari Windows, yaitu Windows 10. 


Sedangkan untuk perangkat lunak lain seperti Microsoft Office, Microsoft terus melakukan pengembangan dan memutakhirkan produk terbaru agar mampu bersaing dengan pasar sejenis, generasi terbaru dari MS Office seperti Microsoft Office 2013 dan Microsoft Office 2016.

Post a Comment

0 Comments