9 Teknologi Masa Depan Yang Bakal Merubah Kehidupan Manusia


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini, lautan ingin membahas sesuatu yang menarik banget untuk di dalami nih. Lautan akan membahas terobosan apa saja dalam bidang teknologi, yang bisa menolong kegiatan manusia di masa depan. 

Hubungan manusia dan teknologi sekarang ini, dapat dibilang sangat harmonis. Hampir seluk beluk kegiatan manusia terdapat teknologi didalamnya. Mulai dari teknologi yang sederhana hingga teknologi kompleks. Sebut saja seperti kipas angin, ya teknologi sederhana yang mampu menciptakan "angin sepoi-sepoi" agar bisa mendinginkan ruangan. Ada juga teknologi kulkas, yang digunakan untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama. Dan masih banyak lagi. 

Untuk sekarang ini, teknologi yang selalu mengalami kemajuan ditiap bulannya adalah smartphone. Dapat dikatakan bahwa smartphone adalah bagian penting dari kehidupan generasi millenial. Jauh berbeda dengan yang dialami generasi X, Y, dimana smartphone masih merupakan kebutuhan sekunder bukan primer. Ya, itulah salah satu sebab mengapa mereka yang termasuk dalam generasi Z, harus banyak bersyukur ya.

Tidak hanya dimasa kini, dimasa lalupun, teknologi begitu erat dengan manusia. Cobalah anda membaca artikel dibawah ini, untuk menambah wawasan anda terkait artikel ini

Baca juga : Teknologi canggih di zaman purbakala, memang ada ?

Beberapa teknologi masa depan ini diperkirakan tidak hanya membantu manusia, bahkan menggantikan beberapa peran yang sebelumnya dilakukan dengan manusia. Mungkin kita juga sering mendengar beberapa teknologi melalui film-film. Memang benar, beberapa teknologi canggih ter-ilhami dari film-film hollywood. Uuups, tapi kita tidak akan membahas film-film yang menginspirasi terciptanya teknologi canggih. 

Jika penasaran, anda bisa membacanya dibawah ini

Baca juga : 8 Film hollywood yang menginspirasi penemuan teknologi canggih

Tanpa bertele-tele lebih lama lagi, ini dia, teknologi-teknologi canggih masa depan yang dipercaya mampu merubah kehidupan manusia.


1. Medan Pelindung

Mungkin inilah teknologi yang paling tepat digunakan oleh pasukan militer dalam upaya pertahanan. Apabila anda pernah menonton film Black Panther yang dirilis pada 14 Februari tahun lalu, tentunya anda akan mendapatkan bayangan medan pelindung tersebut. 
Teknologi sedang dikembangkan oleh para ilmuwan Inggris dengan menggunakan gelombang eletromagnetik.

google.com

Hmm...apabila ini menjadi kenyataan, lautan ingin sekali diterapkan untuk saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Melindungi dari rudal-rudal jahat Israel. 
Teknologi ini tentunya akan merubah nasib negara-negara yang kerap kali jadi sasaran percobaan rudal. Ya, dengan ini, masyarakat yang hidup disana akan tentram dan bahagia.


2. Printer 3D

https://cdn.brilio.net/news/2019/06/13/165524/1051027-teknologi-masa-depan-futuristik.jpg

Printer ini sangatlah canggih. Di kembangkan oleh peneliti dari Rice University, printer 3D ini mampu mencetak bentuk organ tubuh secara kompleks, dengan ketepatan pada warna dan jaringan tubuh dengan detail. Printer ini juga memungkinkan untuk mencetak makanan secara 3D. Wah, pasti enak bener kalau benar-benar tercipta nih barang..

Dipercaya teknologi akan merubah kehidupan manusia dibelahan dunia yang kerap kali merasakan kelaparan menjadi bagian negara yang selalu merasa kekenyangan.

3. Smartphone anti copet

google.com

Smartphone, sesuatu yang sekarang ini menjadi barang yang wajib dimiliki. Tidak hanya oleh orang dewasa, namun sampai kepada anak-anak. Tidak heran, jika sekarang ini banyak anak-anak yang sudah kecanduan smartphone sejak kecil. Namun, hal itu dapat dihindarkan dengan mobile parenting yang baik. 


Tetapi, bukan itu yang akan kita bahas. 

Kita membahas tentang sebuah paten dari perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson, yang mempelopori smartphone anti copet. Jika seseorang yang tidak dikenal memegang smartphone kita, smartphone tersebut akan memasuki mode low-friction. Dengan mode ini, smartphone akan bergetar dengan cepat, membuat licin untuk digenggam. Selain mode low-friction, ada juga mode hi-frictioni, yang memungkinkan pengguna untuk tidak gampang melepaskan smartphone jatuh ketanah.

Sayangnya, kita masih harus menunggu beberapa waktu lagi untuk teknologi ini.

4. Desain bayi dengan rekayasa genetika


Teknologi ini memungkinkan anda untuk men-desain bayi anda sendiri. Dengan teknologi ini, anda bisa mendapatkan bayi dengan kriteria yang telah anda tetapkan sebelumnya. Tiongkok, adalah negara yang tengah mengembangkan teknologi ini. 
Melakukan percobaan gene editing embrio manusia untuk mendesain bayi sesuai dengan karakteristik yang diinginkan. Nama teknologi ini adalah CRISPR CAS9.

Teknologi ini, sepertinya akan mampu menarik banyak minat orang-orang. Diyakini, orang-orang akan rela membayar mahal untuk mendapatkan "keturunan" yang sesuai dengan keinginan


5. Teleportasi


Teleportasi, memungkinkan anda berpindah ruang dan waktu. Apabila di serial Manga Naruto, Teleportasi erat hubungannya dengan Hokage Keempat, Namikaze Minato. Dengan jurus itu, ia mampu mengalahkan Obito dan menyelamatkan Kakashi saat menjadi timnya kala masih hidup. Jurusnya terkenal dengan nama Hirashin No Jutsu


Teleportasi ditenggarai oleh konsep wormhole yang ditemukan akibat teori relativitas Einstein dan gravitas ruang dan waktu. Yang menarik, ilmuwan Rusia yang bekerja untuk Vlaidmir Putin mengklaim tengah mengembangkan teknologi teleportasi ini. 
Di perkirakan teknologi ini bakal rampung pada 2035 mendatang.

Ya, jika telah rampung, teknologi ini akan mengilhami banyak orang untuk dapat bergerak cepat dari satu tempat menuju tempat lainnya. Sangat cocok untuk anda yang tidak ingin terlambat datang kerja ke kantor atau sekolah.

6. Mobil Terbang


Sebuah terobosan yang paling banyak dinanti-nanti banyak orang. Siapa yang tidak ingin memiliki mobil ini ? Anda bisa terbang kepulau mana saja yang anda inginkan tanpa memusingkan diri lagi untuk mencari tiket pesawat yang lagi promo. Anda juga tidak perlu lagi menahan emosi di kemacetan.

Teknologi ini dibuat oleh perancang mobil BMW, Volkswagen, dan Audi, yakni Stefan Klein. Mobil ini memiliki panjang sekitar 6 meter, dengan desain warna biru putih.

7. Sepatu pintar

https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2016/05/5-Sepatu-Pintar-Featured.jpg

Sepatu ini dapat mendeteksi gerakan daripada penggunanya. Mulai dari berjalan, lari hingga mendaki. Sepatu ini juga dapat memberikan informasi seperti seberapa jauh jarak yang telah ditempuh, kecepatan lari, dan jumlah kalori yang terbakar ke smartphone yang anda miliki. Tidak hanya itu sobat lautan, sepatu ini dapat bertahan dengan baterai selama 60 hari lamanya.

8. Tato Digital 

https://cdn.brilio.net/news/2019/06/13/165524/1051028-teknologi-masa-depan-futuristik.jpg

Tato adalah seni yang menggunakan kulit tubuh sebagai medianya. Menampilkan gambar-gambar keren dari tinta yang ditanamkan dikulit. Tato identik dengan orang yang berkarakter jahat. Meskipun begitu, hal itu tidak menghalangi para ilmuwan yang notabene jauh dari kesan jahat, untuk mengembangkan tato digital. Tato digital itu dikembangkan dengan cahaya LED. Para ilmuwan menciptakan lembaran yang lekat dengan kulit, dan dapat memancarkan tato digital. Bahkan sampai bisa mendisplay detak jantung looh.


Jika terus dilestarikan, bukan tidak mungkin banyak toko tato yang bakal tutup karena kalah pamor dengan tato digital ini.

9. Robot Tentara

https://img.okezone.com/content/2016/01/07/56/1283166/inilah-robot-militer-pembunuh-manusia-di-masa-depan-JsIdk85hSn.jpg

Demi untuk mengurangi korban jiwa nyawa manusia dari perang, saat ini tengah giat dilakukan pengembangan teknologi robot tentara. 
Tentunya teknologi ini, akan memaksa tentara-tentara asli untuk mundur dan lebih banyak mengurusi kegiatan administrasi ketimbang terjun langsung dimedan perang. Dua dari banyak negara yang telah memulai pengembangan ini adalah China dan Amerika Serikat..

Ya, inilah beberapa teknologi yang bakal merubah kehidupan manusia kedepannya.

Post a Comment

0 Comments