Belajar Macromedia Flash 8 : Penggunaan Motion Guide Dalam Animasi


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini kita akan belajar animasi melalui aplikasi legendaris, Macromedia Flash 8. Masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, yakni tentang motion guide, kali ini akan memadu madankannya dengan animasi yang lebih wow lagi. Ya, animasi pergerakan planet galaksi.

Baca juga : Belajar macromedia flash 8 : pergerakan obyek dengan motion guide

Motion guide adalah teknik animasi yang menjadikan obyek sebagai alat bantu, penunjuk jalur pergerakan suatu obyek lain. Alat bantu yang paling sering di gunakan adalah garis. Motion guide sendiri dapat di gunakan sebagai jalur dari pergerakan suatu obyek. Tidak hanya itu motion guide juga dapat di gunakan untuk memanipulasi pergerakan obyek, sehingga obyek dapat menghasilkan pergerakkan yang berulang. Dalam dunia animasi, hal ini sering di terapkan untuk memperhemat, keyframe.


Contoh pada anime-anime jepang, seperti adegan Naruto melewati dahan pohon berulang-ulang. Perulangan pergerakkan obyek di maksudkan, untuk mendapatkan nilai seolah-olah Naruto sedang dalam perjalanan yang jauh. Untuk dapat menciptakan unsur tersebut lebih kentara, di tambahkan efek dubbing suara.

Untuk memahami konsep guide, dengan fungsi nya, loop object, dapat di terapkan dengan animasi sederhana perputaran planet, yang di namakan dengan X- Galaxy. 
  • Pembuatan Latar Belakang (Bintang)

  • Ubah background pada properties menjadi hitam.

  • Pilih pada bagian tool menu, Brush Tool. Atur itu pada bentuk yang kecil. Warna yang di terapkan pada brush adalah putih. Pemilihan warna dan ukuran bentuk, di maksudkan untuk pemenuhan unsur realisme, karena bintang yang di lihat dari jarak jauh, kecil dan berwarna putih. Buatlah layer khusus untuk latar belakang


  • Pembuatan obyek matahari. Matahari dapat di gambarkan dengan oval tools, dan berikan warna yang sesuai. Buatlah obyek matahari tersebut pada layer tersendiri


  • Pembuatan Obyek Planet.Sama seperti matahari, buatlah layer khusus untuk planet tersebut.


  • Klik Kanan pada Layer Planet, lalu pilih motion guide. Pada bagian tools menu, pilih oval tools, buatlah lingkaran tepat di tengah titik fokus planet merah. Terapkan no color, pada oval tools. Hapus sedikit garis pada oval tools, agar untuk ruang obyek keyframe yang kedua.
  • Copy setiap frame pertama pada layer. Paste pada frame sama yang di inginkan, semisal 80. Pada Bagian Planet, klik motion guide.  Terkhusus pada layer planet, perhatikan letak obyek pada keyframe, bila pada keyframe pertama obyek berada di tepi garis
  • Maka pada frame 80, ubahlah letak planet pada tepi garis lainnya

  • Tekan tombol enter, untuk melihat animasi. Obyek akan bergerak mengikuti lingkaran.
  • Kita dapat membuat obyek planet kedua, dengan pergerakan yang lebih cepat. Langkah pertama adalah dengan mengunci layer-layer yang tak di butuhkan agar tidak merusak layer tersebut.
  • Buat layer dengan nama planet 12. Copy Keyframe pertama pada frame, lalu paste pada frame 80
  • Klik kanan pada Layer Planet 12, Pilih Motion guide.Lalu di pilih oval tools. Copy keyframe pertama motion guide, dan paste di frame 80.lakukan langkah yang sama pada saat membuat pergerakan obyek layer planet
.

  • Untuk dapat mempercepat gerakan dari pada planet 12, maka dapat di lakukan langkah berikut ini
  • Tekan enter untuk melihat efek
Kesimpulannya, motion guide dapat menghemat frame yang akan digunakan dan memudahkan animator dalam memanipulasi adegan yang berulang-ulang. 
Selamat mencoba :)

Post a Comment

0 Comments