Sejarah dan Perkembangan Android Dunia, Terlengkap


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Kali ini lautan akan bercerita panjang tentang sejarah yang menyelimuti sistem operasi ternama yang banyak digunakan di smartphone, android. Ya, mungkin beberapa dari kalian. para pembaca, sudah mengetahui awal mula berdirinya android, hingga di beli oleh Google.

Tapi, tidak ada salahnya bukan kembali membaca sejarah tentang android ?. Lautan akan mengemas informasi kali ini dalam bentuk yang enak untuk dibaca. Nantinya akan ada "bumbu-bumbu" kejadian unik dalam sejarah berdirinya android.

Baca juga : Sejarah dan perkembangan Microsoft lengkap

Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Android.inc, di Palo Alto, California, Oktober 2003 oleh empat sekawan. Empat sekawan itu adalah Andy Rubin, Rich Milner, Nick Sears, dan Chris White. Dalam perjalanan merumuskan Android ke khalayak umum, ada beberapa hal yang musti kita ketahui..



Awalnya perumusan sistem operasi Android bukan bertujuan untuk sistem operasi smartphone. Dari sumber yang didapatkan, tujuan awal perumusan Android adalah untuk kamera digital. Namun kurangnya permintaan pasar, membuat tujuan dari Android beralih menuju smartphone. Mulai saat itu, Android bersaing ketat dengan Symbian dan Windows Mobile. Dengan jiwa strategi bisnis yang mapan, Andy Rubin dan kawan-kawan menjalankan operasi Android secara diam-diam. Tujuannya adalah mempersempit ruang informasi Android kepada para pesaing.

Masalah kemudian datang menghampiri. Di tahun itu, Andy Rubin kehabisan uang untuk mengembangkan idenya. Beruntung, teman dekat Andy, meminjamkan $10.000 tunai serta menolak tawaran saham di perusahaan. 

Baca juga : Sejarah mbah Google yang penuh dengan keunikan

Seperti Tuhan, menginginkan agar kerja keras Andy, berbuah manis. 17 Agustus 2005, Google mengakusisi Android.inc. Dengan demikian Android.inc telah resmi menjadi anak perusahaan Google. Para pendiri Android diawal pun bekerja dibawah asuhan Google. Mereka adalah Andy Rubin, Rich Milner, dan Chris White.

Di Google, tim yang dipimpin Andy bergerak cepat mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux. Dengan pergerakan yang dilakukan oleh Andy, Google terus berupaya melancarkan sayapnya dalam industri smartphone. BBC dan Wall Street Journal, melaporkan bahwa Google sedang mengembangkan perangkat seluler dengan nama Google.

Dua tahun berikutnya, tepatnya pada 5 November tahun 2007, OHA berhasil didirikan. OHA adalah singkatan dari Open Handset Alliance, yang bertujuan untuk menjadi konsorsium perusahaan teknologi ternama. Didalamnya terdapat Google, produsen perangkat seluler seperti HTC, Sony, Samsung, operator nirkabel seperti Sprint Nextel dan T-Mobile, produsen chipset seperti Qualcomm dan Texas Instruments.



Tujuan OHA dibentuk adalah mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler. Dan saat itu, Android diresmikan pada khalayak umum sebagai produk pertama OHA. Setahun berselang, tepatnya 22 Oktober 2008, OHA resmi mengumumkan telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem Android. Telepon seluler tersebut diberi nama HTC Dream.
  

2 tahun berikutnya, Google terus mempertajamkan peluang bisnis dalam dunia smartphone.
Di tahun itu, Google merilis perangkat telepon pintar dan tablet dengan Android dengan nama Nexus. Produk dibuat dengan kerjasama produsen telepon seluler seperti HTC, LG, dan Samsung. Produk pertama dari Nexus adalah Nexus One. Seri ini, telah banyak di perbaharui, semisal telepon pintar Nexus 4 dan tablet Nexus 10 yang diproduksi oleh LG dan Samsung. 

Baca juga : 5 Hal yang wajib diketahui pengguna Android

Kemajuan Google dalam memproduksi smartphone, terus berlanjut. 15 Oktober 2014, Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang diproduksi oleh Motorola dan HTC.  Sejak tahun 2008, Android secara bertahap sudah melakukan sejumlah pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Setiap versi Android selalu diberi dengan nama yang identik dengan makanan manis.Sebut saja Android Cupcake, Lollipop, Nougat dan yang terbaru, Pie.

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, akan ada hal-hal unik yang akan dibahas. Diantaranya adalah logo Android, yang berupa robot hijau.Logo Android ini lahir berkat ide brilian, Irina Blok. Dari hasil wawancara, ia mengungkapkan bahwa logo Android dirancang untuk membantu simbol internasional.

Irina juga mengungkapkan bahwa kunci utama dalam membuat logo Android ini adalah kesederhanaan dan sifatnya yang abadi. Wawancara ini didapat dari New York Times. Ia juga bercerita bahwa sang bos menginginkan platform perangkat lunak untuk penggunaan mobile dan mengandung unsur robot.

Agar mendapatkan inspirasi, Irina pun mempelajari sejumlah karakter dari film dan mainan ber-genre sci-fi dan segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Tetapi, bukan dari itu Irina mendapatkan inspirasi. Ia justru mendapatkan inspirasi dari simbol toilet pria dan wanita yang kerap ditemui saat hendaj masuk kamar kecil.


Ia pun mulai bermain dengan gambar perumpamaan pria dan wanita dengan menambah kan sebuah antena dibagian atas kepala. Irina tidak bekerja sendirian. Ia ditemani oleh timnya, yang memutuskan untuk membuat sang 'robot hijau' sesuai selera masing-masing.

Saat mengajak putrinya yang berusia 6 tahun menonton Alice in Wonderland, saat itulah pertama kali Irina melihat karyanya dihadapan orang banyak. Saat putrinya melihat logo Android tersebut, ia berteriak keras, "Ibu saya yang membuat itu".

Berikut ini adalah makna dari logo android tersebut..

  1. Desain/Bentuk Robot, arti dari makna itu adalah para user/pengguna Android dapat memodifikasi perangkat android dengan menambah performa, mengganti UI, bahkan hingga mengganti ROM agar lebih tangguh lagi
  2. Warna hijau. Memiliki makna tumbuh berkembang. Maknanya adalah perkembangan dan pertumbuhan yang sangat dari produk Android
  3. Dua buah antena di kepala robot memiliki arti bahwa Android merupakan os yang pintar, mampu mengelola semua data dengan baik dan mempunyai jangkauan yang luas dalam bidang jaringan 
  4. Dua buah mata bulat. Memiliki makna bahwa OS Android dapat langsung melihat dunia dengan adanya fitur online yang bisa dilakukan terus menerus dan terintegrasi dengan baik
  5. Bentuk tangan terpisah dan oval. Bagian ini mempunyai arti bahwa Android diciptakan tidak hanya untuk kalangan tinggi, melainkan juga untuk kalangan sedang dan bawah Hal ini tergambar jelas pada tangan yang tidak menyatu dan berbentuk oval pada depan dan belakangnya hal ini disebut dengan ALL HUMAN yang artinya device semua umat

Ya, untuk sekarang, Android terbaru adalah Android Pie.. 

Anda dapat membacanya selengkapnya dilink bawah ini..

Baca juga : Android pie dan serba serbi keunikannya

Post a Comment

0 Comments