Belajar Dasar Dasar Pemrograman PHP : PHP Manual


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini kita akan membahas pemrograman berbasis website yang berhubungan dengan database dan paling populer saat ini, PHP. Pada pertemuan atau artikel sebelumnya dalam kategori ini, kita telah membahas Function dalam PHP. Anda bisa membacanya ulang dibawah ini

Baca juga : Belajar dasar-dasar pemrograman PHP : function

Dalam materi kali ini, ada 4 pembahasan utama yakni, mengenal apa itu PHP manual, cara download PHP manual, cara menggunakannya, dan membaca format penulisan function di PHP manual. Kita akan membahas dua dulu, yakni mengenal dan cara mendownloadnya. Kalau panjang-panjang, nanti takutnya kagak menarik..wkwkwk.. Kalau boleh jujur lagi males nulis aja sih ;D.

Mengenal PHP manual

PHP manual adalah dokumentasi resmi yang tersruktur dan lengkap sebagai panduan programmer dalam memulai mempelajari bahasa pemrograman ini. PHP manual ini sangat berguna untuk mencari fungsi-fungsi PHP dalam memecahkan masalah perkodingan. Walaupun berbahasa Inggris, membaca setiap petunjuknya tidak lah sulit. PHP manual juga menyediakan banyak contoh kode program. 

PHP manual dapat di akses di alamat https://www.php.net/manual/en/. Anda juga bisa mendownloadnya untuk dijadikan file offline.


Download PHP manual

PHP manual dapat di download dari halaman https://www.php.net/download-docs.php. Terdapat 2 jenis file dokumentasi, yakni file HTML dan chm. Untuk format HTML, kita harus membukanya dengan web browser. Agak lebih juga sih. Lebih dianjurkan untuk memilih versi chm yang tidak perlu web browser untuk membukanya. 
Chm sendiri terdiri ada 2 macam, yakni dokumentasi asli atau dengan komentar pengguna.

Untuk ukuran, jelas chm dengan komentar pengguna lebih besar. Namun, chm jenis inilah yang lautan rekomendasi untuk di download. Karna bisa saja dari komentar tersebut ada komentar-komentar brilian, tentang trik dan tips materi yang sedang dibahas.

Untuk mendownloadnya sangatlah mudah, cukup dengan melakukan klik lembut pada link berikut ini http://php.net/get/php_enhanced_en.chm/from/a/mirror, file akan otomatis terdownload. Atau jika tidak anda akan melewati beberapa langkah seperti dibawah ini


Pada gambar diatas, pilih chm with user notes. Dan halaman selanjutnya adalah untuk memilih lokasi server untuk download file. Semakin dekat lokas server dengan negara kita, maka kecepatan download akan lebih cepat. 


Dan file chm berhasil di download. Semoga artikel singkat ini bermanfaat :)

Post a Comment

0 Comments