Belajar Macromedia Flash 8 : Pemanfaatan Audio Dalam Flash

Loading...

Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini kita akan kembali mempelajari animasi. Ya, masih menggunakan Macromedia Flash 8, kita akan belajar salah satu elemen penting dalam multimedia, yakni audio. 


Audio merupakan salah satu elemen multimedia yang terpenting. Dengan adanya audio, informasi yang akan di sampaikan lebih mudah dipahami dan diingat. Audio juga dapat digolongkan sebagai media komunikasi pembelajaran yang sangat berpengaruh. Urutan kedua, media komunikasi pembelajaran yang berpengaruh adalah visual. Sesuai dengan fakta yang ada, seseorang yang tidak bisa melihat atau mengalami kekurangan pada matanya, masih bisa mengingat sesuatu hanya dengan suara. Selain mempunyai fungsi utama sebagai media komunikasi, audio juga memiliki sub fungsi yang lain, yaitu menghibur. Tentu saja dengan intonasi yang tepat, sub fungsi tersebut akan sangat terasa. 

Dalam perkembangan teknologi, audio dapat di capture dengan proses digitalizing. Dengan demikian audio dapat di simpan menjadi beberapa format, seperti WAV, AU, MP3, AIFF, M3U, ADX, AAC, dan lain-lain. Masing-masing format audio memiliki kelebihan dan kekurangan. Proses digitalizing tersebut juga memungkinkan proses manipulasi data. Untuk fitur manipulasi data, berupa audio di flash 8, sangat terbatas. Terdapat berbagai macam aplikasi khusus untuk menganani hal tersebut, seperti Adobe Audio, Audacity, Virtual DJ, dan lain-lain.

Berikut adalah langkah-langkah memanfaatkan audio dalam Flash 8
  • Buka aplikasi Flash 8
  • Gunakan sample animasi yang sebelumnya

  • Pilih item import, lalu pilih import to library, pilih file audio yang diinginkan

  • Untuk dapat menyisipkan audio kedalam proyek animasi, buatlah layer baru, dan letakkan di paling atas

  • Klik pada frame pertama di layer yang ingin ditempatkan audio. Pada bagian properties Sound, pilih audio yang telah dimasukkan

  • Kita juga dapat melakukan berbagai eksperimen dengan berbagai effect, Sync berguna untuk mengatur suara yang diperlukan
  • Lakukan Test Movie

Audio sangatlah berguna dalam teknologi multimedia, agar informasi yang di sampaikan lebih mudah di pahami, dan juga dapat menghibur, apabila penempatannya atau intonasi tepat. Semoga bermanfaat :)

Post a Comment

1 Comments