Intel Perkenalkan Ice Lake, Prosesor Baru Generasi 10


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini lautan punya berita terbaru dari intel, indomie telur, ehehe..bukannya, tapi perusahaan prosesor terkenal di dunia, intel. Baru-baru ini intel telah resmi mengeluarkan prosesor Core i Gen 10, dan di beri nama dengan Ice Lake. Ice Lake ini berukuran 10 nm, setelah sebelumnya lama berfabrikasi 14 nm.

Baca juga : Daftar laptop murah dengan spek tinggi, harga 4 jutaan kebawah

Ice Lake, dipercaya 18 persen lebih tinggi IPC (Instruction Per Cycle) daripada pendahulunya Skylake. Menggunakan arsitektur baru pada CPU dan GPU dengan sebutan Sunny Cove. Tidak hanya terbaru, prosesor ini juga terpercaya paling terintegrasi dengan semua sistem, serta di desain untuk perangkat 2-in-1 dan laptop. Dalam acara perkenalan, intel yang meluncurkan 11 prosesor seri Gen 10, juga menyematkan teknologi yang sedang hangat dibicarakan, AI (Artifial Intelligence). 

Tidak hanya itu, ada juga fitur grafis terbaru Intel Iris Plus yang berguna untuk aktivitas hiburan, serta di padu padankannya dengan Intel WiFi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 3.

"Rangkaian prosesor Intel Core generasi ke-10 ini mengubah paradigma tentang apa arti dari kepemimpinan pada platform mobile PC. Melalui penerapan AI berskala luas pada PC untuk pertama kalinya, arsitektur grafis terbaru, konektivitas WiFi 6 (Gig+) terbaik dan Thunderbolt 3, semuanya teringtegrasi di dalam SoC (system on chip), berkat teknologi pemrosesan dan desain arsitektur 10nm dari Intel, kami membuka jalan bagi berbagai macam  pengalaman terbaru dan inovasi di industri laptop, " Kata Chris Walker, Corporate Vice President dan General Manager untuk Mobility Client Platforms di Client Computing Group, Jumat (2/8/2019), sumber suara.com

Ini merupakan pijakan atau langkah awal yang besar bagi perjalanan Intel dalam upaya peningkatan performa PC terbaik melalui prosesor berkinerja tinggi dan optimal di segala lini. Dengan adanya prosesor ini pada perangkat seperti laptop, mampu akan meningkatkan kualitas mulai dari hiburan, gaming, hingga menjadi konten kreator. Prosesor ini juga menjadi rangkaian pertama yang didesain untuk akomodasi AI pada laptop serta perangkat 2-in-1 yang tipis dan ringan.

Ada tiga rangkaian yang terdapat dalam prosesor ini, yakni, Intel Deep Learning Boost, Mesin Pengolahan Komputasi 1 Teraflop GPU, dan Intel Gaussian & Neural Accelerator (GNA). 

Intel Deep Learning Boost adalah sebuah rangkaian instruksi baru yang mempercepat jaringan pada CPU untuk menghadirkan respons maksimum dalam berbagai aktivitas, layaknya peningkatan kualitas gambar, pengelompokkan foto, serta efek pada foto. Mesin pengolahan komputasi 1 Teraflop pada GPU digunakan untuk mendukung inferensi throughput yang tinggi seperti video editor, analitik, dan peningkatan resolusi video real-time Yang ketiga adalah GNA, berguna untuk menanggung beban kerja di belakang layar seperti pemrosesan suara dan pengurangan gangguan suara dengan daya energi yang sangat rendah untuk optimalisasi daya tahan baterai


Kemampuan AI juga ditingkatkan berkat implementasi Intel DL Boost. Performa grafis IGP pada Core i 10th Gen juga meningkat drastis karena penggunaan arsitektur GPU Gen 11. IGP ini bahkan menawarkan Frame Rate dua kali lebih tinggi di banding resolusi Full HD. Kemampuannya juga meningkat tajam untuk proses video encoding dengan Codec HEVC yang memang terkenal berat. 

Adapun Ice Lake ini akan hadir pada produk terbaru PC pada akhir 2019. Pada ajang Computex 2019, Intel telah menunjuk beberapa sistem dan tengah melewati proses verifikasi melalui sebuah program yang diberi nama Project Athena. Ada 35 model laptop didalam projek tersebut, di antaranya Acer Swift 5,m Dell SXPS 13' 2 in 1, HP Envy 13', dan Lenovo S940.

Post a Comment

0 Comments