Sejarah Teknologi Senjata Api Pertama Kali Di Dunia


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Senjata api diperkirakan pertama kali digunakan oleh bangsa Tiongkok. Mereka, bangsa Tiongkok menggunakan sesuatu yang disebut dengan bahan peledak. Bahan peledak itu sendiri dari bahan belerang. Penggunaan ini kemudian menyebar ke arah Eropa pada abad 13. Orang yang pertama kali mendaftarkan paten bahan peledak atau kata lainnya bubuk mesiu adalah Roger Bacon pada tahun 1242.

Bubuk mesiu ini memiliki dampak yang besar dalam peradaban sistem sosial Eropa. Perang silih berganti ada dengan hadirnya bubuk mesiu ini. Ada dua pendapat mengenai kapan bubuk mesiu mulai digunakan dalam perang. Pertama pada tahun 1247 di pertempuran Seville. Kedua, adalah meriam yang dibuat oleh bangsawan Jerman, Berthold Schwarz pada 1313. 


Meriam pertama didunia, dibuat dengan bentuk yang sederhana, tetapi besar dan berat. Cara menembaknya pun hanya dengan menyulutkan api pada lubang yang diberikan sumbu. Kekurangan yang dimiliki adalah kita harus menjaga api agar tetap menyala dan membakar sumbu hingga habis. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memutar roda logam untuk menghasilkan percikan api yang akan menyalakan bubuk mesiu.

Baca juga : Sejarah seru dibalik teknologi film hollywood

Perkembangan zaman, mempengaruhi hampir seluk beluk kehidupan manusia. Termasuk aspek teknologi seperti senjata api. Abad 15, di temukanlah meriam dalam bentuk yang lebih kecil dan praktis, bernama pistol. Kata ini sendiri berasal dari salah satu kota di Italia bernama Pistoia.


Tahun 1807, Alexander Forsyth memperkenalkan senjata api dengan sistem perkusi. Sistem ini terbilang ribet. Yaitu dengan cara mengisikan bubuk mesiu melalui bagian moncong pistol dengan cara ditekan menggunakan sebuah alat khusus. Ya, mungkin anda pernah menonton film Pirates The Caribbean, Jack Sparrow, Johnny Depp. Lupa di film yang keberapa, tapi penampakkan senjata ini pernah ada di salah satu filmnya. 

Tahun 1835, pistol praktis berhasil di patenkan oleh Samuel Colt, ilmuwan dari Amerika Serikat. Ia memberikan nama untuk pistolnya Colt Paterson. Tahun 1857, penemu dari Amerika berikutnya, Horace Smith dan Daniel Wesson, berhasil membuat pistol revolver dengan peluru tabur. Borchardt, pistol semiotomatis yang bisa mengisi sendiri, lahir tahun 1895. Ia bisa diisi dengan 8 peluru tabur. Tahun 1897, John M Browning, juga berasal dari Amerika, berhasil mematenkan pistol otomatis yang menjadi cikal bakal pistol otomatis berikutnya. 

Itulah penjelasan mengenai sejarah teknologi senjata api pertama kali didunia. Semoga menambah wawasan kita ya.

Post a Comment

0 Comments