Cara Rawat Baterai HP Biar Awet


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini lautan akan berbagi tips menarik untuk anda anda sekalian. Tips yang sangat sangat berguna sekali, apalagi bagi anda yang sering lengket dengan handphone. Kemana-mana mesti bawa handphone. Satu permasalahan dari sekian banyaknya masalah handphone apalagi yang berbasis android, adalah baterai. 

Baterai mudah cepat habis, dan bisa mengalami yang namanya kembung. Tentu sobat tidak mau mengalamimnya bukan ?!. Nah, berikut lautan kasih tips buat baterai hp anda awet sampai 7 turunan, ehehe. Yuks, kita baca-baca tipsnya.


Mohon maaf ini, sebelum dikasih tipsnya, sebaiknya anda baca dulu ini. Penyebab baterai ponsel cepat boros.

Fitur Auto-brightness

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan kondisi secara otomatis. Namun, diketahui fitur ini dapat menguras baterai hp lebih cepat. Oleh sebab itu, disarankan untuk memakai setting manual.

Screen Timeout

Screen timeout juga dapat memakan banyak daya dari baterai hp, apabila waktu yang digunakan lama sekali. Atur sedemikian rupa, akan hp bisa mematikan layar ponsel dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Faktor umur baterai 

Ya, namanya barang elektronik, kalau udah lama semakin gak prima. Keoptimalan sistem tentu akan ikut berkurang juga. Saran nih, mending beli hp yang baru. 

Masalah pada Charger

Ini bisa menjadi penyebab mengapa baterai menjadi cepat habis. Kerusakan pada charger bisa berimbas dan memiliki kontribusi untuk merusak baterai. Pernah gak ngalamin, charger hp, bukannya bertambah dayanya, malah berkurang ?. Lautan pernah ngalamin, dan lautan saranin beli charger baru yang berkualitas.

Aplikasi pemakan daya 

Ada beberapa aplikasi yang memang bila dijalankan memakan daya baterai yang begitu besar. Aplikasi-aplikasi seperti game adalah contohnya. Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya setelah melihat pengaturan baterai di hp. 

Tips Rawat Baterai Biar Hemat

Sebenarnya anda telah mendapatkan tipsnya apabila menganalisa penyebabnya diatas. Tapi tak apa, lautan akan memberikannya, tentunya karena lautan sayang pada anda..ciee

1. Hindari suhu ekstrem 

Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, dapat mengurangi kemampuan baterai dalam menyimpan daya. Perusahaan peninggalan Steve Jobs, Apple, menyarankan suhu yang aman bagi baterai adalah 16-22 derajat celcius.

2. Jangan taruh freezer

Mungkin beberapa dari kita mencoba untuk memperbaiki baterai hp ke dalam freezer. Cara ini terbilang kuno, namun beberapa berhasil. Faktanya, pesaing Apple, yakni Samsung tidak menyarankan hal tersebut. 

3. Jangan dipakai pas ngecharge

Kebiasaan siapa nih ?..Sebenarnya sih, ini juga kebiasaan lautan, ehe. Faktanya hal semacam ini harus dihindari, apalagi digunakan sambil menonton video dan bermain game
Kebiasaan seperti ini akan membuat baterai panas dan mengurangi kemampuannya. Hal ini juga akan merusak sebagian sel baterai, istillah gaulnya parasit load. Seperti dilansir dari Android Authority, parasit load ini buruk untuk sel baterai karena akan mengalami siklus mini dan pengosongan daya yang mengurangi umur baterai

4. Minimal baterai saat tak digunakan adalah 30-50 persen

Ini adalah saran dari Apple dan Samsung

5. Jangan biarkan baterai di bawah 20 persen

Pada tipe lama, seperti NiCd atau NiMH, memang disarankan untuk sering mengosongkan baterai untuk menjaga kapasitas baterai tetap 100 persen. Tapi itu tidak berlalu untuk tipe Li-ion. 

"Membiarkan ponsel mati total akan mengurangi masa pakai. Sangat baik jika tidak membiarkan baterai ponsel di bawah 20 persen," sumber Samsung. 

Post a Comment

0 Comments