Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Sejarah Seru Aplikasi Chat Di Dunia

Sejarah Seru Aplikasi Chat Di Dunia


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. Kali ini lautan akan berbagi ilmu sejarah pada kalian. Sejarah yang ingin lautan bagi tau adalah sejarah aplikasi chat di dunia. Tentunya, sejarah mengenai teknologi selalu menarik bagi anda yang punya passion di bidang IT. Cerita sejarah ini, seolah menjadi cerita sebelum tidur, ya nggak ?, lautan merasakan hal itu
Berbicara tentang aplikasi chat, lautan ingin tau, apa saja nih aplikasi chat yang anda punya ?

Lautan punya WhatsApp, Facebook Messenger, dan Gmail. Gak perlu banyak-banyak sih, karena lautan bukan ADM, artis dunia maya :v. Nah, lautan akan bahas secara asik tentang sejarah aplikasi chat di dunia. Simak dengan baik ya!


MIT (Massachusetts Institute of Technology) menjadi kampus terdepan yang pertama kali mengembangkan instant messaging. Konsep yang ditawarkan mampu menampung 30 orang untuk saling berkirim pesan dengan nama CTSS (Compatible Time-Sharing System). Tidak heran memang, karena MIT dari dulu terkenal akan temuan-temuan teknologi terbarukan. 

Sebut saja pada tahun 1928, MIT mengembangkan Whirlwind I, komputer tabung pertama didunia yang dapat menghitung secara paralel. Kampus yang pertama kali mengenalkan terminologi hacker pada dunia. Mencetak alumni-alumni terbaik, seperti Buzz Aldrin, orang kedua yang menginjakkan kaki dibulan, Ilene S Gordon, presiden dan Ketua Ingredion, Richard Feynman, pendiri Buzzfeed, Shirley Ann Jackson, ketua Komisi Regulator Nuklir, dan masih banyak lagi. 

Lautan berharap, suatu saat nanti, bisa menimba ilmu disana. Amiinkan yaak :D.

Suasana didepan Hall MIT
Perkembangan aplikasi chat yang sekarang banyak digandrungi generasi muda, juga tidak terlepas dari kejeniusan generasi muda itu sendiri. Bahkan, anak SMA lo yang punya ide bikin aplikasi chat. Beda jauh ya sama, anak SMA sekarang malah jadi Tiktoker :v. Anak SMA itu adalah Mark Jenks. Sistem yang dibuat adalah papan buletin digital yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan dengan syarat sudah punya akun. Sistem itu bernama Talk. Sistem inilah yang kemudian banyak diadopsi para pemilik bisnis dan jaringan sekolah. Talk populer pada tahun 1983

Setelah era Talk, muncullah IRC (Internet Chat and Relay), pada tahun 1988. Dalang dari teknologi itu adalah Jarko Oikarinen.

Quote Mantab Jarko
IRC diciptakan untuk menggantikan program di BBS yang disebut dengan MUT (Multiuser Talk), di Finlandia disebut OuluBOX. IRC memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dibanyak grup dengan sebutan channels. 

6 tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1982, Commodore International merilis jasa internet  Quantum Link (Q-Link) bersamaan PC Commodore 64. Q-Link menjadi otak dari adanya AOL (American Online) tahun 90-an. Sambungan modem menjadi nyawa bagi Q-Link agar pengguna bisa saling mengirim pesan ataupun merespon pesan yang datang.

Q-Link terus berinovasi hingga bersatu padu dengan teknologi baru setelahnya, yakni IRC. Namun. IRC memiliki kekurangan, yang mungkin saja saat itu, tidak bisa lagi ditolerir. Ada dua masalah fundamental yang sering dialami IRC, yakni Net Split dan Lag. Dan bisa saja ini menjadi latar belakang programmer Khaled Mardam Bey untuk merilis mIRC tahun 95.

mIRC pun seketika langsung viral. Yang unik, adalah kepanjangan dari m dari mIRC yang katanya nih, melambangkan moo. Didapet dari FAQ situs resmi mIRC sendiri.

Tahun 1996, Mirabilis dari Israel merilis ICQ, aplikasi untuk berkirim teks pertama yang bisa digunakan oleh masyarakat umum dengan syarat koneksi internet. ICQ sendiri adalah persamaan frasa bahasa Inggris, I seek you. Unik-unik ya nama yang diberikan.


Setahun berselang, AOL tidak mau kalah, dengan merilis AIM (Aol Instant Messenger). AIM disebut sebut sebagai pelopor instant messaging modern. Bahkan tahun 2005, jumlah penggunanya mencapai 53 juta orang.

Penampakkan AIM
Tahun 98 dan 99, berturut-turut perusahaan Yahoo!Messenger, dan Microsoft merilis instant messaging milik mereka. Yahoo! Pager, Pidgin, dan MSN Messenger yang berubah nama menjadi Windows Live Messenger.

Berikut adalah gambaran perkembangan instant messaging diawal millenium...

Perkembangan IM di awal millenium
Tahun 2005, Google juga tidak mau ketinggalan, dengan merilis Google Talk. MySpace membuat MySpaceIM, tahun 2006, menjadi im pertama yang dibuat oleh media sosial. Kemudian diikuti Facebook, dengan Facebook Messenger, dan tahun 2009, keluarlah WhatsApp. 

Setelahnya muncul SnapChat, dan Slack, berturut pada tahun 2011, dan 2013. Namun, tak bisa dipungkiri, aplikasi chat yang paling banyak digunakan saat ini adalah WhatsApp.

Berikut adalah Most Downloaded Android Messengers dari tahun 2011-2019


Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami