Subscribe
for our all latest news and updates



Home » , » Belajar HTML Untuk Pemula Level 9

Belajar HTML Untuk Pemula Level 9


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Masih tentang bahasa pemrograman website, kali ini kita akan belajar HTML. Dari artikel sebelumnya, kita telah memahami tentang tag audio beserta dengan atributnya. Sesuai dengan janji lautan pada artikel itu, artikel ini akan membahas format audio. Buat anda yang ketinggalan, biar mulai dari artikel dibawah ini


Ada 4 format umum yang digunakan di internet, yakni MP3, WAV, Ogg, dan ACC. Kita akan membahasnya satu persatu. Artikel ini akan membantu anda untuk memilih jenis file audio yang nantinya akan dimasukan kedalam web statis buatan anda.

MP3

MP3 atau MPEG-2 Audio Layer III, adalah format paling umum serta paling populer untuk file audio. Menggunakan teknik lossy compression, jadi bisa men-kompres file audio jadi lebih kecil, dengan syarat kualitas audio dikurangi. Masa-masa awal web browser, tidaklah sanggup menggunakan MP3, karena berlisensi. Kalau berlisensi, jadi kita harus bayar gitu. Tapi, semenjak web browser berkembang pesat, sebut saja, Opera dan Firefox, MP3 telah dapat digunakan.

WAV

Waveform Audio File Format, dikembangkan oleh IBM dan Microsoft. WAV menggunakan teknik yang berbeda dari MP3, yakni lossless compression, jadi file audio, tidak dapat dikompres sehingga kualitas tetap terjaga. Kelemahannya adalah filenya berukuran besar, jadi untuk meloadnya di web agak lama.

Ogg

Ogg atau nama lengkapnya adalah Ogg Vorbis, format audio yang sifatnya open source, beda dengan MP3 dan WAV. Teknik yang digunakan sama dengan MP3. Ogg dirancang oleh Xiph.Org Foundation untuk mengalahkan MP3, namun sayang, Ogg kalah populer. Karena sifatnya, Ogg sempat dijadikan format standar HTML5.

Namun, hal itu dibatalkan, dan kitapun bebas memilih format audio. 

ACC

Advanced Audio Coding, dikembangkan oleh Bell Labs, Fraunhofer Institute, Dolly Labs, Sony dan Nokia. Sama dengan MP3, termasuk tekniknya, namun dengan kualitas audio yang lebih baik dengan perbandingan ukuran file yang sama. Banyak digunakan untuk music store, termasuk iTunes.

Gambar diatas adalah tabel penjelasan web browser bisa menggunakan format audio yang mana. Semoga bermanfaat :)

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

Ngiklan? Sini Aja

Ngiklan? Sini Aja
Hubungi Kontak Kami