Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Belajar Windows Server 2002 : Konfigurasi HostName Teknik Internet Dan Intranet

Belajar Windows Server 2002 : Konfigurasi HostName Teknik Internet Dan Intranet


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Windows Server, sebuah merk dagang yang dirilis oleh Microsoft Corporation dan sukses dipasaran. Dalam perkembangannya, Windows Server memiliki 11 edition, sorry kalau lautan gak update, ada, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, Windows HPC Server 2008, Windows Server 2012, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2016, Windows Small Bussiness Server, Windows Essential Bussiness Server, Windows Home Server. Sesuai dengan namanya, jenis sistem operasi ini banyak digunakan untuk kepentingan server, termasuk didalamnya konfigurasi hostname

Baca juga : Belajar hak akses dalam operasi linux

  • Matikan terlebih dahulu, Windows Firewall
  • Ganti nama komputer melalui peraturan Change Settings didalam Control Panel
  • Masuk kedalam CMD, lalu cek apakah nama komputer telah berubah atau belum. Gunakan perintah ipconfig/all
  • Seperti yang dilihat pada gambar diatas, pembaca dapat mengetahui host namenya , yakni Host Name = Mazda
  • Coba lakukan ping menggunakan nama host dari komputer lain yang berada dalam satu jaringan, semisal komputer Mazda ngeping ke komputer dengan host name Black dan depan_sendiri. hasilnya
  • Ada sebuah pertanyaan besar disini, benar gak ? apa hayo ? apakah bisa melakukan ping dengan memberikan nama selain yang diberikan pada settingan melalui Control Panel ?. Jawabannya bisa. Kita dapat menggunakan file doc hosts dan lmhost yang terdapat pada direktori Windows Server, terletak di drive C:Windows/..... Buka file tersebut lalu berikan hostname yang diinginkan disertai IP address yang dimilikinya. Semisal percobaan ini diikuti oleh 11 partisipan, jadi anda harus tau IP dari setiap komputer yang berada dalam satu jaringan. 
  • Untuk mempercepat langkah pengerjaan, Copy Paste menuju file lmhosts
  • Lakukan proses ping ke seluruh hostname tadi. dan inilah hasil ping dari seluruh hostname yang ada pada jaringan yang sama dengan komputer lautan.











Setiap komputer memiliki nama default untuk hostname-nya, namun, anda dapat merubah itu dengan nama yang diinginkan, cukup dengan melakukan beberapa langkah mudah.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini