Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Inovasi Baru Pak Nadiem, Bisa Bayar SPP Pakai Gopay..

Inovasi Baru Pak Nadiem, Bisa Bayar SPP Pakai Gopay..


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Ada berita terbaru dari Bapak Menteri Pendidikan kita, yakni Pak Nadiem Makarim. Seorang yang dulunya dikenal sebagai Founder GoJek itu membuat inovasi baru dalam dunia pendidikan. Inovasi baru tersebut berkenaan dengan cara pembayaran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan). Bahkan, dari mancode.id, telah ada setidaknya 180 lembaga pendidikan yang telah terdaftar.


Sebenarnya, semenjak pak Nadiem ditetapkan sebagai Menteri Pendidikan, muncul berbagai meme lucu tentang wajah pendidikan Indonesia nantinya. Termasuklah disana cara pembayaran SPP dengan GoPay. Eh, malah jadi kenyataan. Seperti biasa, dalam setiap kebijakan pemerintah, selalu ada yang pro dan kontra.

Ini adalah tanggapan dari Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf.

"Kalau dilakukan oleh sekolah-sekolah atau individu-individu untuk memudahkan pembayaran, maka itu proses digitalisasi, kita tidak bisa hindari karena sekarang kan mau bayar PLN, mau bayar pulsa, macam-macam juga dilakukan melalui proses digitalisasi, itu enggak apa-apa" ujarnya, sumber Kompas.

Tanggapan lainnya juga datang dari Plt Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemdikbud, Ade Erlangga, dan lebih bernada mendukung.

"Inovasi pihak swasta yang tidak terelakkan untuk berkreasi mengembangkan usaha atau berkreasi. Berbagai inovasi teknologi yang terjadi merupakan hal penting untuk terus meningkatkan kemudahan bagi masyarakat, termasuk didunia pendidikan dan berbagai bentuk pembiayaan termasuk hal ini terkait pembayaran SPP", ungkapnya.

Tanggapan berbeda disampaikan oleh Pengamat Teknologi Informasi dan Komunikasi CISSReC, Pratama Persadha. Ia memang mengatakan hal itu sebagai terobosan yang baik, namun, ia dengan mantap mempertanyakan mengapa Mendikbud, tidak membuat platform pembayaran sendiri.

Dengan platform yang berbeda, sistem itu bisa terintegrasi dengan rapor siswa, ijazah dan proses-proses belajar lainnya. 

"Sebuah terobosan yang baik, namun juga menimbulkan tanda tanya. Pertama, apakah kementrian yang dipimpin Nadiem tidak mampu membuat sistem yang mandiri berdiri sendiri", katanya, sumber CNNIndonesia.

Sebagai pakar IT, Pratama, membeberkan alasan kritknya dengan hal yang logis. Ia lebih menginginkan agar pelajar memiliki akun platform yang terintegrasi dengan berbagai fungsi buatan Kemdikbud. Ya, bukan sembarang kritik ya.

"Lalu juga ada fitur absensi sehingga review kehadiran siswa bisa real time dicek orang tua dan guru. fitur lainnya saya pikir juga bisa ditambahkan sesuai kebutuhan" tambahnya, sumber yang sama.

Adapun pihak GoJek, melalui Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse, menjelaskan bahwa fitur GoPay akan terus meningkatkan loyalitasnya dalam menawarkan kemudahan serta kebebasan dalam bertranksaksi.

Nantinya, pembayaran SPP diaplikasi GoJek bisa dilakukan difitur GoBills. Berikut adalah langkah-langkah pembayarannya..


Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini