Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Kumpulan Trik Biar Baterai Laptop Tahan Lama

Kumpulan Trik Biar Baterai Laptop Tahan Lama


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kamu punya laptop tapi baterainya gak tahan lama ?, coba tuangkan Titan Gel, dijamin kuat dan tahan lama. Ehehe, bercanda. 
Dengan mengetahui tips ini, pastinya anda akan ngeh penyebab laptop anda cepat banget kehabisan baterai.

Baca juga : 5 smartphone terbaru terbaik tahun 2020, mau beli ?

Berikut adalah tips-tips untuk menghemat baterai laptop agar tahan lama..

Kurangin Cahaya Latar

Cara menguranginya berbeda-beda tiap laptop. Tapi pada umumnya menggunakan salah satu dari tombol F (paling atas, diatas tombol angka berderet 1-0). 
Dengan begini, komsumsi energi dalam sistem laptop akan berkurang, namun pastikan bahwa cahayanya cocok untuk kondisi mata anda.

Pilih Mode Hibernasi Daripada Sleep.

Mode hibernasi memungkinkan laptop untuk menyimpan kondisi terakhir serta mati dalam keadaan yang menyeluruh. Berbeda jauh dengan mode Sleep, laptop anda masih aktif mengakses daya dan memori laptop.

Matikan Laptop Secara Sempurna

Kadang kala kita lagi buru-buru, kita suka menutup laptop begitu saja. Padahal, itu sangat tidak disarankan. Dengan mematikan sempurna laptop, sistem akan membersihkan aplikasi dan ketika digunakan kembali, sistem akan menerima perintah benar-benar dari 0 kembali.

Pilih Wallpaper Polos

Wallpaper yang keren, tentu akan memakan daya sistem untuk terus memunculkannya. Hal ini berkaitan dengan jumlah bit per pixel yang harus ditampilkan agar gambar muncul mulu di wallpaper kita

Matikan Screensaver

Pleaselah, screensaver itu tidak asik, dan alasannya sama dengan tips pilih wallpaper polos

Bersihkan harddrive

Dengan membersihkan harddrive, laptop akan menjadi ringan dalam menjalankan perintah-perintah yang diberikan. Termasuklah didalamnya adalah membersihkan cache. 

Baca juga : Cara membersihkan cache windows 10, gak ribet amat kok

Matikan Pencarian Spotlight

Pencarian spotlight akan menjadikan kita untuk lebih cepat dalam mencari informasi. 
Namun, sistem akan terus memperbaiki indeks informasinya. Tentunya mematikannya akan menghemat baterai.

Pastikan Kalau Main Laptop, Kondisinya Selalu Dingin, Asal Tidak Beku

Setiap perangkat yang berada dikondisi panas, maka itu akan berdampak buruk pada sistem dan juga baterainya. 
Udara yang panas, bisa membuat baterai lebih cepat bekerja dan kehilangan daya.

Gunakan Incognito Saat Browsing

Dengan menggunakan mode incognito, laptop tidak akan mempersiapkan ruang untuk memori pencarian. Beda banget kalau pake mode biasa, bahkan kita bisa dicepatkan dalam pencarian dengan menampilkan pencarian yang telah lalu

Jangan Charger Terus Menerus 

Taukah kamu, kalau kita ngecharge baterai laptop dan udah nyampe kondisi 50%, maka itu disebut setengah siklus baterai, Kalau 100%, maka itu 1 siklus baterai. Jadi usahakan dalam satu hari anda hanya memakai satu siklus baterai saja, dengan catatan tidak benar-benar sampai 0%.

Lepas Perangkat Tambahan

Maksudnya seperti Flashdisk, Speaker, Microphone, Earphone, dan lain-lain.
Semua perangkat itu menggunakan daya yang ada pada motherboard, jadi sistem bekerja lebih daripada saat tidak dipasang apa-apa. 

Pakai Airplane Mode

Mode ini akan mematikan segala bentuk kemungkinan koneksi laptop dengan media lain, seperti mematikan koneksi laptop dengan internet, dengan bluetooth, dan lainnya. Mode ini cocok apabila kamu memang tidak perlu internet atau bluetooth.

Lihat Aplikasi Yang Banyak Memakan Daya, Matikan

Anda bisa melakukannya dengan mengakses Windows Task Manager. 

Matikan Notifikasi Sosial Media, atau Notif Yang Lain

Menghidupkan notifikasi akan membuat sistem laptop bekerja memproses notif tersebut agar ditampilkan. Mematikannya akan membuat sistem lebih anteng kerjanya


Update OS

Mengupdate OS akan memberikan suasana baru pada sistem, dan tentunya sistem jadi lebih senang gitu deh, kaya anak kecil dapat mainan baru, dia akan rajin lebih respect ke yang ngasih.

Jangan Kebanyakan Multitasking

Meskipun laptop memang didesain untuk multitasking, namun jangan sampai kita kurang ajar dengan memaksa kemampuan itu melebihi batasnya. Karena hal itu memakan banyak konsentrasi daya laptop.

Beralihlah Pada SSD

Solid State Drive memakan memori cahaya lebih sedikit ketimbang HDD, dan kecepatannya jauh bila dibandingkan HDD.

Nonaktifkan Grafis/Special Effects

Kalau gak main Game atau lagi gak butuh pekerjaan untuk grafis keren. Mending matiin. Anda bisa mematikan grafis dengan mengatur special effectnya. Caranya

  • Masuk Control Panel, beralih pada System and Security, lalu System dan terakhir Advanced System Settings
  • Masuk Tab Performance dan pilih yang anda inginkan

Gunakan Adapter Asli

Selalu periksa spek Adapter benar atau tidak.

Perhatikan Baterai Dan Ganti Bila Berumur

Untuk mengetahuinya, masuk dalam CMD sebagai admin, lalu ketikkan perintah seperti dibawah ini. 
Perhatikan tulisan See C:\bla-bla digambar, itu adalah alamat hasil pengecekkan kondisi baterai. Untuk masuk CMD admin, klik kanan aja di Start Windows.


Pakai Baterai Eksternal

Ini bisa digunakan sebagai antisipasi keadaan atau sering dalam keadaaan laptop hampir habis tapi lupa bawa adaptor.

Pakai Mode Power Saver


Semoga bermanfaat :).

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini