Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Sejarah AMD Sebagai Pesaing Kuat Intel

Sejarah AMD Sebagai Pesaing Kuat Intel


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Sebagai anak IT, mengetahui sejarah sejarah teknologi tentu akan menambah nilai kita dimasyarakat. Ya, salah satu teknologi yang paling banyak sekarang digunakan selain smartphone adalah laptop ataupun komputer. Nah didalam perangkat itu, ada satu benda yang amat sangat penting. 
Namanya processor. Mungkin saat processor Intel adalah nama yang paling anda ingat. Tapi jangan salah, ada pula nama processor lain yang juga mendunia, yakni AMD. Akan menjadi hal yang menarik jika kita membahas sejarahnya lengkap disini. Mari kita kupas mendalam disini..

Baca juga : Cara-cara untuk mempercepat booting Windows 10

Awal Mula AMD

AMD, nama pendek dari Advanced Micro Devices, adalah produsen teknologi processor terbesar nomor dua setelah Intel. Didirikan pertama kali tahun 1969, didaerah Sunnyvale, California, AMD mulai ngegas memperkenalkan diri. 1970, atau setahun berselang, AMD sukses bikin gebrakan dengan menciptakan perangkat proprietary pertama, dengan nama Am2501 logika counter. Perangkat tersebut sangat sukses dipasaran. 

Ya, AMD bukanlah sebuah perusahaan yang fokus dalam bidang teknologi processor untuk komputer, tapi mereka juga memproduksi processor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, dan konsol game beserta aplikasi teknologi lainnya. Sosok utama dibalik sepak terjang AMD diawal-awal munculnya teknologi adalah Jerry Sanders. Nama lengkap Jerry Sanders adalah Walter Jeremiah Sanders III.

Jerry, dikenal sebagai seseorang yang visioner, dan dalam bekerja, ia tak pernah risau tentang pesaing terbesar Intel, yang telah lebih dulu mendunia. 
Anda bisa membaca biografinya di Biografiku.com.

Karier Jerry, berhubungan dengan awal mula terbentuknya AMD. Jerry dikenal sebagai salah satu penjual terbaik di Fairchild Semiconductor. Terbukti dengan kemampuan dia melihat peluang yang terjadi pada pesaingnya. 
Ketika Vinod Dham, pemimpin proyek Pentium Intel sedang dalam masalah dengan orang-orang Intel, Jerry dengan sigap menawari kerja untuk menggarap K6, nama processor yang ia akan ciptakan.

Barulah pada tahun 1969, sekelompok insinyur Fairchild memutuskan untuk keluar, dan memulai perusahaan baru, dengan nama AMD. Meskipun awalnya terjadi penolakkan, Jerry tetap resmi menjadi CEO untuk AMD.

AMD memperluas bisnisnya menuju dunia saham, tahun 1979. Tidak hanya itu, produksi teknologi mereka juga dimulai dipabrik baru di Austin. Tiga tahun kemudian, AMD menjadi pemasok sekunder processor mikro PC Intel untuk IBM. AMD-pun mendapat pengakuan publik dengan masuk kedalam daftar "100 Perusahaan Terbaik Untuk Bekerja di Amerika". tahun 1984

Prestasi Gemilang AMD tahun 80-90an

AMD terus menapakkan sayapnya dalam industri teknologi. Tahun 85, AMD masuk Fortune 500 untuk pertama kalinya. Ditahun yang sama, AMD juga giat merancang controller grafis dan graphic board pertama didunia bersama ATI. Sukses seperti selalu menghampiri AMD tiap tahunnya. 
Tahun 86, AMD sukses mengakuisisi Monolithic Memories, Inc. Diakuisisi-nya MM, Inc, menjadikan AMD leluasa masuk bisnis logic yang dapat di program.

Tahun 90an, AMD lebih berjaya lagi. Bersamaan dengan ATI, AMD dikenal sebagai perusahaan dengan teknologi terbarukan.  Sebut saja debut mikro Am386, chip Mach8 yang jadi terobosan terbaru di dunia grafis CPU. March32, dan didirikannya ATI GmbH bertempat di Jerman. AMD jugalah yang memperkenalkan produk flash memori pada dunia. 

Tahun 1994, AMD beranjak menjadi pemasok Am486 untuk komputer Compaq. AMD juga melakukan inovasi dengan mengeluarkan processor lain, yakni AMD-K5 tahun 1995, kompatibel dengan socket processor mikro x86. Tahun 96, AMD kembali mengakuisisi perusahaan baru, yakni NexGen.

Masalah Di Millenium Ketiga

Millenium Ketiga, bisa dikatakan sebagai zaman masalah bagi AMD. Meskipun AMD dan ATI merger dan AMD mendapat suntikkan biaya sebesar $4300000000 tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar, tapi zaman ini bisa dibilang pelik bagi AMD.

Desember 2006, AMD bersama dengan saingannya dalam dunia grafis, Nvidia, menerima panggilan dari Departemen Kehakiman tentang kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis, termasuk tindakan memperbaiki harga. AMD melakukan respon dengan spin off operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co, sebuah perusahaan investasi dibentuk oleh Pemerintah Abu Dhabi. Usaha itu dikenal dengan GlobalFoundries Inc, dan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip.

Processor AMD yang dikenal lebih murah dibanding Intel, sukses meraup banyak untung terutama di pasar-pasar Asia. Hal ini menjadikan Intel, kegep ikutan dengan membuat processor murah dengan menurunkan kualitas dari processor sebelumnya.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini