Subscribe
for our all latest news and updates



Home » , » Wanita Jadi Alasan Utama Bahasa Pemrograman Itu Susah..Apa iya ?

Wanita Jadi Alasan Utama Bahasa Pemrograman Itu Susah..Apa iya ?


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya. 
Lautan akan bagi fakta menarik tentang mengapa bahasa pemrograman itu susah. Bahasa pemrograman itu susah karena Wanita. Kok bisa ?, buat anda yang wanita, jangan sampai ketrigger ya :v:v. Mengapa wanita adalah alasan utama dibalik pemrograman itu susah ?, apa karena wanitalah programmer pertama didunia. 
Jika benar, Siapakah dia ? mari kita bahas..


Programmer pertama didunia adalah wanita bernama Ada Lovelace. Nama panjang beliau adalah Augusta Ada King, Countess Lovelace. Dia adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa seorang laki-laki harus menghargai seorang wanita. Semasa hidup terkenal sebagai seorang penulis dan matematikawan Inggris, dan namanya kian tersohor berkat temuannya. Dia-lah orang dibalik suksesnya komputer mekanika beserta algoritma komputer yang pertama didunia.

Lahir pada 10 Desember 1815, kehidupan Ada Lovelace jauh dari kata menyenangkan. Ia harus terbiasa hidup berteman dengan satu orang tua, yakni ibunya, Anne Isabella Bryon. Ayahnya, seorang penyair bernama George Gordon Byron. Sebulan setelah lahir, Anne dan George resmi bercerai dan empat bulan kemudian menuju Inggris. 
Ayahnya wafat pada tahun 1823 di Yunani.

Setali tiga uang dengan sang Ayah, Anne pun jarang memberikan perawatan sebagaimana seharusnya seorang ibu. Ada pun tumbuh diasuh oleh Neneknya, Judith Milbanke. Kondisi memprihatikan Ada semasa kecil diperparah dengan pernah menderita lumpuh hampir setahun, berjalan harus menggunakan kruk, tahun 1831.

Namun, Tuhan tidak akan pernah membiarkan hambanya kesusahan. 
Ada seperti mendapatkan anugrah terkhusus kemampuannya dalam bidang matematika. Bahkan gurunya yang bernama, Augustus De Morgan, menyarankan agar Ada difokuskan untuk matematika. 

Karier hidup Ada semakin menuju titik terang takkala bertemu dengan Charles Babbage. Babbage sendiri adalah matematikawan Inggris dengan temuan bahwa komputer dapat diprogram. Ada pun masuk kedalam proyek Babbage, Difference Engine.  
Tak tanggung-tanggung iapun dapat julukan The Enchantress of Numbers dari Babbage.

Peran Ada dalam proyek tersebut berhasil. Ia bisa menerjemahkan artikel Luigi Menabrea, matematikawan Italia untuk kemudian dibuat program komputer pertama didunia. Program komputer pertama itu diciptakan lewat mesin bernama Analytical Engine, ciptaan Babbage.

Ada meninggal pada usianya yang masih muda, yakni 36 tahun. Berkat kontribusinya yang sangat besar, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tahun 1980, menamai bahasa pemrograman komputernya bernama "Ada". 
British Computer Society mulai tahun 2008, rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan, dan memberikan nama medalinya, yakni Ada. Link Kompetisi

Ada pula acara "Ada Lovelace Day" pada pertengahan Oktober, bertujuan meningkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika


Menjawab pertanyaan besar diawal, sebenarnya wanita tidak membuat bahasa pemrograman itu sulit. Apalagi jika itu seorang Ada, tentu ia tidak mau membagikan pengalaman pahit dalam hidupnya menjadi kode yang susah dimengerti. Tentu, ia tidak mau membuat orang lain menjadi susah. 

Beda banget ya sam do'i mu, bilang "Terserah" aja udah macam 10 soal bahasa Swift :v.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini