Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Apa Tugas Sysadmin Dalam Administrasi Sistem Dan Jaringan?

Apa Tugas Sysadmin Dalam Administrasi Sistem Dan Jaringan?


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini lautan akan berbagi materi kuliah lautan dengan anda perihal Administrasi Sistem dan Jaringan. Materi kali ini akan berfokus seputar sysadmin. Buat anda yang belum tau apa itu sysadmin, sysadmin adalah kependekkan dari System Administrator, seseorang yang bertugas untuk mengorganisir segala keperluan sistem yang dijalankan. Lebih lanjut ?, kita baca aja keterangan dibawah ini...

Baca juga : Cek informasi pandemi virus corona melalui WhatsApp

Artikel ini banyak terinspirasi dari dokumen yang ditulis oleh Prof. Brian D.Davinson, anda dapat mendapatkannya, di link ini https://www.cse.lehigh.edu/~brian/course/sysadmin/

Dari dokumen tersebut, disebutkan bahwa tugas sysadmin adalah mengelola sistem dan jaringan dengan 3 bagian besar tugas, yakni manajemen utuh, konfigurasi perangkat keras, lunak, dan pelayanan, serta memastikan adanya dokumentasi sistem.

Sysadmin melakukan manajemen terstruktur pada akun pengguna dan perangkat keras. Sysadmin juga harus memastikan setiap filesystem di backups, agar sebuah perusahaan memiliki cadangan-cadangan data untuk keadaan keadaan tertentu. Ini hanyalah sekilas gambaran dari tugas manajemen seorang sysadmin.

Sysadmin juga bertanggung jawab dalam konfigurasi perangkat lunak dan aplikasi yang digunakan untuk menunjang sistem jaringan. Install dan konfigurasi perangkat lunak baru dan pelayanan, menjaga sistem dan pelayanan beroperasi, seperti monitor sistem dan jaringan, serta troubleshooting

Yang terakhir adalah dokumentasi. Dengan sysadmin membuat dokumentas, maka sistem akan berjalan seperti biasa walau berganti sysadmin. 
Dokumentasi juga menjadikan sysadmin lebih mudah memperbaiki kesalahan sistem yang ada. Dokumentasi bermanfaat bagi calon pengguna biasa, maupun pengguna expert. Audit security termasuk didalamnya.

Selain 3 bagian besar tugas sysadmin diatas, sysadmin juga mendapatkan tugas tambahan seperti membantu user dan lain sebagainya.

Contoh studi kasus pengelolaan sistem dan jaringan

Contohnya terdapat dalam jurnal yang berjudul "Analisis dan Optimalisasi Jaringan Menggunakan Teknik Load Balancing, Studi Kasus : Jaringan UAD Kampus 3", ditulis oleh Muhammad Dedy Haryanto, dan Imam Riadi, sumber neliti.com

Tugas sysadmin pada contoh studi kasus diatas, adalah manajemen, konfigurasi software, dan dokumentasi. Manajemen yang dilakukan adalah manajemen bandwidth, guna menyama ratakan beban yang diterima server, agar jaringan tetap berjalan sempurna. Jaringan tidak terpaku pada satu resource, koneksi akan otomatis menyambungkan diri pada resource yang lain. Konfigurasi yang dilakukan adalah konfigurasi IP agar sistem jaringan dapat menjalankan load balancing. Sedangkan bukti dokumentasi yang dilakukan adalah dimuatnya dokumen teknis ini di mesin pencarian Google.

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini