Subscribe
for our all latest news and updates



Home » » Mengenal Standar Jaringan 802.11 N Secara Rinci

Mengenal Standar Jaringan 802.11 N Secara Rinci


Halo sobat lautan, semoga sehat selalu ya.
Kali ini lautan akan bahas materi kuliah tentang standar jaringan 802.11 N. Materi ini masuk kedalam mata kuliah Sistem Informasi, yakni Desain dan Pengelolaan Jaringan. Logikanya, jika anda ingin mengelola jaringan, maka anda harus tau standar atau ketetapan yang dipakai. Minimal anda harus tau standar apa yang sering digunakan.


Standarisasi kode pada jaringan yang ditetapkan adalah 802.11. Standar tersebut terus berkembang mulai dari a-ac. Standar ini, adalah standar yang paling populer saat ini dan sedang menuju proses berkembang menjadi 802.11 AC. Dikenal dengan sebutan Wireless-N, standar ini merupakan hasil pengembangan dari versi 802.11 G, untuk memperbaiki permasahaan jumlah bandwidth dengan memanfaatkan beberapa sinyal dan wireless serta antena (MIMO, Multiple In Multiple Out).

Standar ini diresmikan pada tepat pada tahun 2009 dengan kemampuan yang diupgrade seperti bandwidth mencapai 300mbps dan jangkauan sinyal yang lebih baik. Beroperasi pada 2 frekuensi yakni 2,4 GHz dan 5 GHz.

Tabel perbandingan..


Dari tabel diatas dan deskripsi singkat mengenai standar ini, dapat diketahui fitur, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki.

Fitur/Karakteristik Yang Di Miliki
  • Mendukung kemampuan MIMO, dengan kemampuan tersebut, spesifikasi dapat menyediakan SDM (Spatial Multiple Division Multiplexing), yang dapat membuat stream data menjadi indenpenden, dan di transfer secara serentak dalam satu Bandwidth.
  • Memiliki kemampuan 40MHz ke saluran physical
  • Frame agregasi ke MAC layer
Kelebihan
  • Memiliki kecepatan dengan jangkauan sinyal yang mumpuni dan tahan terhadap sinyal interferensi (kecuali bila berdekatan dengan 802.11B/G)
Kekurangan
  • Biaya yang cenderung mahal
  • Penggunaan beberapa sinyal akan sangat mungkin terganggu bila berdekatan dengan 802.11B/G berbasis jaringan
Cara Kerja




Data yang hendak ditransfer akan di split sesuai dengan konsep MIMO yang digunakan pada standar ini. Data tersebut kemudian diterima sesuai dengan tx split yang dilakukan untuk kemudian di filter secara spartial dan akan diproses serta di pancarkan melalui di plexer seperti yang ada pada gambar diatas.

Demikian, Terima Kasih :).

Thanks for reading & sharing LAUTAN-IT

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment

ISA Hacktiv8

ISA Hacktiv8
Selengkapnya Disini